Peternak Ayam Terancam Gukung Tikar Akibat Tertekan Produsen Raksasa

Nadya Zahira
30 November 2022, 10:15
Pedagang Ayam di Pasar Tradisional Sukatani Depok (28/09/2022).
Dok. Humas Jawa Barat
Pedagang Ayam di Pasar Tradisional Sukatani Depok (28/09/2022).

Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional atau GOPAN tertekan akibat perusahaan besar dari sektor perunggasan yang juga memasarkan produk ayam hidup di pasaran. Hal ini membuat para peternak kecil kalah saing.

 Sekretaris Jenderal Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional atau GOPAN, Sugeng Wahyudi, mengatakan bahwa kondisi seperti saat ini sangat membahayakan para peternak kecil. Jika kondisi ini terus terjadi, maka usaha ternak kecil bisa gulung tikar.

 "Jadi bahayanya ini usahanya bisa gulung tikar, jadi pelaku pembudidaya atau peternak yang paling bawah, yang berbudidaya final stock ini bahaya," ujar Sugeng kepada awak media, di Jakarta, Selasa (29/11).

 Belum lagi saat ini kondisi harga daging ayam dan harga ayam di kandang tengah mengalami penurunan sejak Agustus hingga November 2022. Sedangkan harga input produksi merangkak naik. 

 Sugeng mengatakan, semestinya perusahaan besar tersebut tidak  memasarkan ayam hidup di pasaran sama seperti para peternak kecil lainnya. Perusahaan besar seharusnya hanya memasarkan produk olahan, sehingga para peternak kecil tidak merasa tertekan dan tidak bersaing di pasar yang sama. 

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...