Ini Skema Penyaluran Bansos yang Dibagikan Pemerintah Jelang Ramadan

Nadya Zahira
10 Maret 2023, 15:39
Seorang pedagang meletakkan papan harga beras di Pasar Naikoten, Kota Kupang, NTT, Jumat (10/3/2023).
ANTARA FOTO/Kornelis Kaha/rwa.
Seorang pedagang meletakkan papan harga beras di Pasar Naikoten, Kota Kupang, NTT, Jumat (10/3/2023).

Pemerintah akan menyalurkan bantuan sosial atau bansos Ramadan untuk warga tidak mampu. Bansos yang diberikan salah satunya berupa 10 kg beras per bulan selama Maret hingga Mei 2023.

Sekretaris Perusahaan Perum Bulog Awaludin Iqbal mengatakan, bansos yang disalurkan Perum Bulog tersebut berupa beras dari Cadangan Beras Pemerintah atau CBP sesuai dengan tugas yang diperintahkan oleh Presiden Joko Widodo. 

“CBP akan diberikan kepada KPM sasaran dengan alokasi 10 kg per Keluarga Penerima Manfaat atau KPM per bulan, dan akan berlangsung selama 3 bulan mulai Maret - Mei 2023,” ujar Awaludin saat dihubungi Katadata.co.id, Jumat (10/3). 

Awaludin mengatakan, Badan Pangan Nasional akan menyerahkan data nama dan alamat penerima bansos Ramadan. Saat ini, Bulog belum menerima data tersebut. 

Beras Bansos akan dikemas dalam bentuk karung 10 kg. Selanjutnya beras bansos tersebut akan disalurkan di lokasi-lokasi terdekat yang telah ditentukan.

“Mekanisme penyaluran seperti bantuan pangan yang pernah dilakukan oleh Bulog sebelumnya, yaitu dimulai dari penerimaan penugasan yang ditindaklanjuti Bulog dengan penyiapan stok dan pengemasan.  Selanjutnya beras tersebut sudah dalam kemasan 10 kg, akan disalurkan sampai dengan KPM Sasaran di lokasi-lokasi terdekat yang disepakati,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...