Harga Emas Antam Naik, Terkerek Pergerakan Logam Mulia Dunia

Investor menunggu data pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) yang akan dirilis hari ini.
Image title
26 Juli 2019, 12:21
harga emas, harga emas Antam
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Petugas memperlihatkan emas batangan yang ditransaksikan di Butik Emas Logam Mulia, gedung Aneka Tambang, Jakarta, Selasa (3/4).

Harga beli emas PT Aneka Tambang Tbk atau Antam pada Jumat (26/7) menjadi Rp 666.445 per gram atau naik Rp 2.522 dibandingkan perdagangan sehari sebelumnya.

Dikutip dari Indogold.com untuk harga jual emas Antam hari ini juga mengalami kenaikan menjadi meningkat Rp 637.500 per gram atau naik Rp 2.500 dibandingkan harga jual sebelumnya.

Harga jual emas Antam masih berada di level tertinggi pada bulan ini, sebelumnya pada 3 Juli 2019 sempat turun Rp 626 ribu per gram yang menyentul level paling rendah pada Juli. Sedangkan, harga terendah tahun ini terjadi pada 17 April sebesar Rp 583 ribu per gram.

(Baca: Jelang Pertemuan The Fed, Harga Emas Antam Turun Jadi Rp 667.454/Gram )

Kenaikan emas Antam terkerek dari melonjaknya harga emas global. Dikutip dari Bloomberg harga emas comex untuk kontrak Agustus 2019 meningkat 0,16% menjadi US$ 1.429 per ounce, dan harga emas penjualan segera naik 0,17% menjadi US$ 1.417,03 per ounce.

Investor menunggu data pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) yang akan dirilis hari ini dan dapat memberikan petunjuk tentang pertemuan kebijakan moneter oleh Bank Sentral AS atau The Federal Reserve (The Fed).

Pelaku pasar memantau pertemuan kebijakan moneter The Fed pada 30-31 Juli. Diharapkan pada pertemuan itu The Fed memangkas suku bunga setidaknya 25 basis poin. Sedangkan, untuk kurs dolar relatif tidak berubah setelah mencapai tertinggi dua bulan di sesi sebelumnya.

Ekonomi AS juga mendapatkan sentimen positif dari Bank Sentral Eropa. ECB mengisyaratkan niatnya untuk melakukan pelonggaran moneter, tetapi membiarkan suku bunga tidak berubah. "Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi memukul nada yang lebih optimis pada ekonomi daripada yang diharapkan investor," dikutip dari Reuters, Jumat (26/7).

(Baca: Harga Emas Antam Naik Tipis Jadi Rp 704.000 per Gram)

 

Advertisement
Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait