Jelang Keputusan Cawapres Jokowi, Ma'ruf Amin Diam-diam ke Istana

Ameidyo Daud Nasution
8 Agustus 2018, 17:25
MUI
ANTARA FOTO/Moch Asim
Ketua Umum MUI Ma'ruf Amin.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Ma'ruf Amin menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta. Ma'ruf tampak hadir pada pukul 14.10 WIB melalui pintu belakang Istana.

Belum jelas apa yang dibicarakan Ma'ruf dengan Jokowi, tapi sekitar satu jam kemudian yang bersangkutan keluar lewat Wisma Negara dan tak memberikan keterangan kepada awak media.

(Baca juga: Jokowi Akan Umumkan Cawapres ke Ketua Partai pada Kamis)

Sebenarnya Ma'ruf dijadwalkan hadir bersama Jokowi tadi pagi di acara Pembukaan Pendidikan Kader Ulama MUI XII di Cibinong, Bogor. Namun dirinya tidak menampakkan diri hingga Jokowi meninggalkan lokasi acara.

Ma’ruf Amin merupakan salah satu tokoh yang disebut-sebut sebagai kandidat calon wakil presiden. Pada akhir Juli lalu, Ma’ruf menyatakan kesiapannya bila terpilih sebagai cawapres.

"Kalau kita begini, kalau bangsa dan negara, kita para ulama kalau diminta negara harus siap," kata Ma'ruf kepada wartawan di Jakarta Timur, Kamis (26/7).

Hingga kini, Jokowi masih merahasiakan cawapres yang akan mendampinginya. Rencananya, hari ini Jokowi akan mengundang para ketua umum partai politik untuk mengumumkan cawapres yang akan dipilihnya.

Pertemuan ini sebagai persiapan deklarasi cawapres ke publik. "Rapat malam ini," kata Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M. Romahurmuziy di Kabupaten Bogor, Rabu (8/8).

(Baca juga: PKS Desak Prabowo Putuskan Cawapres antara Salim dan Abdul Somad)

Rommy mengatakan Jokowi berencana mengumumkan cawapres pada Kamis (9/8) besok. Setelahnya Jokowi akan mendaftar sebagai Calon Presiden ke Komisi Pemilihan Umum pada hari Jumat (10/8) lusa.

Dalam akun Twitter Rommy membocorkan inisial nama depan cawapres Jokowi adalah sosok dengan huruf depan M. Sosok tersebut mewakili salah organisasi masyarakat terbesar di Indonesia serta telah malang melintang di sejumlah jabatan.

"Dia melengkapi pelangi NKRI di mana Presiden dengan Wakil Presiden selalu mengikuti pola nasionalis - religius," kata Rommy.

Editor: Yuliawati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait