Tren Kepuasan terhadap Kinerja Jokowi Turun, Efek Penanganan Pandemi

Yuliawati
Oleh Yuliawati
25 Agustus 2021, 19:31
jokowi, survei, pandemi
Katadata
Jokowi memantau pelaksanaan vaksin Covid-19.

Hasil survei Indikator Politik Indonesia menunjukkan tren penurunan atas kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Joko Widodo. Meski tren menurun, mayoritas responden masih merasa puas atas kinerja Jokowi.

"Sekitar 59,2% merasa sangat puas dan puas dengan kerja Joko Widodo sebagai Presiden," kata Direktur Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi, Rabu (25/8).

Secara rinci, ada 51,2% responden yang menyatakan cukup puas dengan kinerja Jokowi. Sebanyak 8,1% responden pun menyatakan sangat puas dengan kinerja Jokowi. Sedangkan responden yang kurang puas dengan kinerja Jokowi mencapai 31,4%. Sisanya, 7,1% responden menyatakan tidak puas sama sekali.

Indikator melakukan survei terhadap 1.220 orang di seluruh Indonesia pada 30 Juli hingga 4 Agustus 2021. Survei ini menggunakan metode simple random sampling dengan tingkat toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,9% dan tingkat kepercayaan 95%.

Tren penurunan kepuasan terhadap kinerja Jokowi terlihat sejak pandemi. Pada September 2019, tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi mencapai level tertingginya sebesar 72%. Angkanya menurun menjadi sebesar 63% pada Februari 2021.

Pada April 2021, kepuasan terhadap kinerja Jokowi sempat meningkat tipis menjadi 64%. Kemudian, angka tersebut harus kembali menurun 5 poin menjadi sebesar 59% pada survei terakhir.

Selaras dengan tingkat kepuasan, tren kepercayaan masyarakat terhadap kemampuan presiden dalam mengatasi pandemi juga mengalami penurunan 2,2% dibandingkan April lalu. Pada survei terakhir, tren kepercayaan hanya mencapai 54,3% saja.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...