Deretan Temuan Harta Karun Proyek MRT Peninggalan VOC di Batavia

Rizky Alika
27 September 2022, 17:46
MRT
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Sejumlah pekerja berusaha membersihkan terakota yang berada di proyek pembangunan jalur MRT Jakarta fase 2 CP-203 di kawasan Glodok, Jakarta Barat, Selasa (20/9/2022).

PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta menemukan 'harta karun' berupa cagar budaya saat pembangunan fase kedua yang menghubungkan antara Stasiun Bundaran HI hingga Stasiun Kota. Temuan ini membuat jalur rel MRT harus dibelokkan sehingga tidak merusak cagar budaya tersebut.

Harta karun itu ditemukan di beberapa lokasi di antaranya seperti Gedung Sarina, Museum Bank Indonesia, Gedung Chandranaya, Pantjoran Tea House, hingga Tugu Jam Thamrin.

Arkeolog Junus Satrio Atmodjo mengatakan cagar budaya yang ditemukan itu bakal menjadi milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hal itu sesuai dengan Undang-undang no.11 tahun 2010 tentang Cagar Budaya.

Harta karun yang ditemukan masuk dalam klasifikasi Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB). Berikut daftarnya:

Saluran Air Kuno Batavia

Saat persiapan pembangunan Stasiun MRT Kota, pembukaan tanah dilakukan di sepanjang Jalan Pintu Besar Selatan. Junus menyebutkan pembukaan tanah itu untuk menelusuri temuan struktur bata abad 18 di depan Gedung Museum Bank Mandiri.

Dari pembukaan tanah ini ditemukan struktur Saluran Air Kuno Batavia sepanjang 400 meter pada Desember 2021. "Dan banyak temuan arkeologi," tulisnya.

Saluran air itu merupakan peninggalan masa penjajahan VOC. Sejak 1730, mereka membuat antisipasi lingkungan kota yang kotor dan berupaya memasok air bersih dari arah selatan.

Ujung pipa bermula di Pancoran di tempat bernama waterplaats atau kolam air dan berakhir di sekitar Pasar Ikan. Saluran pipa juga melewati gedung Wali Kota dan Kastil Batavia yang kini menjadi area Museum Fatahilah.

Adapun, lokasi penemuan struktur saluran masuk air bersih di pertemuan Jalan Pinangsia Raya dan Pancoran.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...