Penggagas Kawal Pemilu, Ainun Najib Kini Pindah ke Grab

Sebelum pindah ke Grab, Ainun Najib sempat berkarier di Traveloka dan IBM.
Pingit Aria
19 Januari 2018, 12:30
Grab Taksi
Arief Kamaludin|KATADATA

Penggagas KawalPemilu.org Ainun Najib kini bergabung dengan pengembang aplikasi transportasi online yakni Grab. Di perusahaan teknologi yang berbasis di Singapura itu, Ainun menjabat posisi Head of Business Data Platform.

“Iya (sejak) 8 Januari 2018,” kata Ainun saat dihubungi Katadata, Jumat (19/1). Sebelumnya, ia sempat bekerja pada Traveloka.

Meski menggeluti olah data sejak kuliah di Nanyang Technological University di Singapura, Grab adalah sebuah tantangan baru bagi Ainun. “Karena sifatnya real time, keseharian, dan berbasis lokasi,” ujarnya.

Di Grab, Ainun akan bertemu dengan beberapa sosok yang dikaguminya. Di antaranya adalah Chief Technology Officer (CTO) Grab yakni Theo Vassilakis. Vassilakis baru Oktober 2017 lalu bergabung dengan Grab.

Advertisement

 "CTO-nya Grab juga luar biasa. Beliau yang dulu mudanya di Google memimpin tim yang membuat BigQuery," ujar Ainun.

(Baca juga: Saat Go-Jek Dijegal BI, Bagaimana Tren Pembayaran QR Code Indonesia?)

Selain itu, Grab baru merekrut mantan programmer Google dan Amazon.com, Steve Yegge. "Saya baru tahu di minggu kedua kemarin (Yegge bergabung)," kata Ainun. Ia menambahkan, “Akan seru membuat Data Platform bersama dia.”

Lulus dari Nanyang pada 2007, Ainun mengawali karier sebagai konsultan IBM sejak Juni 2007 hingga Januari 2015. Dari IBM, Ainun kemudian pindah ke Traveloka dan bekerja tiga tahun di perusahaan jasa agen perjalanan online tersebut.

(REVISI: Artikel ini sudah dikoreksi dari pemuatan pertamanya, khususnya pada paragraf kelima, karena adanya kesalahan penulisan di Tim Redaksi.)

Reporter: Desy Setyowati
Editor: Yura Syahrul
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait