Pertamina Siap Kelola Blok Mahakam Sepenuhnya

Image title
Oleh
27 November 2014, 18:11
Asing Dibatasi dalam Jasa Pengeboran Migas.jpg
KATADATA/

KATADATA ? PT Pertamina (Persero) menegaskan kembali kesiapannya untuk mengelola 100 persen Blok Mahakam. Penegasan ini disampaikan lewat surat resmi yang disampaikan Pertamina kepada Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), hari ini (27/11).

Surat tersebut merupakan penegasan kembali minat Pertamina untuk mengelola blok Mahakam yang telah disampaikan kepada Pemerintah sejak tahun 2008. Pertamina menyatakan siap mengelola sepenuhnya blok tersebut, setelah kontraknya habis pada 31 Desember 2017.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Pertamina Muhamad Husen meyatakan bahwa Pertamina telah memiliki kemampuan secara teknis dan finansial untuk mengelola Blok Mahakam. Bahkan Pertamina telah terbukti memiliki kapabilitas operasi lepas pantai. Dia mencontohkan kesuksesan Pertamina meningkatkan produksi secara signifikan di blok Offshore North West Java dan West Madura Offshore.

?Kami sangat berharap agar pemerintah dapat memutuskan segera, penetapan Pertamina sebagai pengelola Blok Mahakam, agar ada transisi operasi yang cukup,? ujar Husen dalam keterangannya, Kamis (27/11). (Baca: Pemerintah Akan Serahkan Blok Mahakam ke Pertamina)

Dalam suratnya Husen menyebut salah satu pertimbangan Pertamina mengelola Blok Mahakam, adalah untuk menjaga ketahanan energi nasional. Melihat tren dunia saat ini, perusahaan nasional (national oil company/NOC) mendominasi penguasaan sumber daya migas di suatu negara. Sementara di Indonesia, penguasaan sumber daya migas nasional oleh Pertamina masih relatif rendah dibandingkan dengan NOC di negara lainnya.

Pertamina memandang bahwa saat ini merupakan waktu yang tepat, bagi pemerintah untuk memberikan peran lebih besar bagi Pertamina mendominasi pengelolaan migas nasional. Husen menyebut, peningkatan porsi penguasaan sumber daya migas oleh Pertamina, akan memberikan arti penting bagi Indonesia dalam menjaga ketahanan energi nasional.

Saat ini, Pertamina sedang melakukan data room untuk memahami kondisi teknis dan operasional dari wilayah kerja Blok Mahakam. Selanjutnya, Pertamina akan mengirimkan proposal pengelolaan Blok Mahakam secara komprehensif dalam dalam tiga bulan ke depan. (Baca: Pemerintah Tunggu Proposal Pertamina untuk Kelola Blok Mahakam)

Pertamina menyatakan komitmennya untuk menjaga keberlangsungan operasi pasca pengambilalihan Blok Mahakam. Komitmen ini baik dari sisi operasional maupun isu yang terkait dengan sumber daya manusia. Sebagaimana pengalaman pengambilalihan beberapa blok lainnya, Pertamina mempekerjakan lebih banyak tenaga dalam negeri.

?Untuk menjamin kelancaran pengambilalihan operasi, sekali lagi kami mengusulkan agar penetapan Pertamina sebagai pengelola Blok Mahakam dapat segera dilakukan,? pungkasnya.

Reporter: Safrezi Fitra
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...