Pertamina: Penutupan 100 Sumur Tidak Pengaruhi Produksi

Safrezi Fitra
13 April 2015, 14:40
Katadata
KATADATA

KATADATA ? PT Pertamina (Persero) mengaku penutupan operasi 100 sumur minyak yang dilakukan perseroan, tidak akan mempengaruhi target produksi tahun ini. Hal ini karena sumur yang ditutup tersebut belum berproduksi.

Direktur Utama PT Pertamina Persero Dwi Soetjipto mengatakan penutupan 100 sumur migas didasarkan pada penghematan belanja. Harga minyak yang sedang rendah, membuat perusahaan migas harus berusaha mengemat pengeluarannya. Pertamina memilih untuk lebih selektif dalam melakukan pengeboran sumur baru.

Dia menyebut 100 sumur yang ditutup tersebut masih dalam tahap eksplorasi dan belum menghasilkan apa-apa. Makanya Pertamina yakin penutupan tidak akan mengganggu target produksi minyak tahun ini.

"Yang ditutup itu masih dalam tahap eksplorasi dan penelitian. Kalau yang produksi jalan terus," kata Dwi saat ditemui di Gedung Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta, Senin (13/4).

Tahun ini, Pertamina menetapkan target produksi minyak mentah sebesar 329.000 barel per hari (bph). Target ini lebih tinggi dari realisasi produksi tahun lalu yang hanya 280.200 bph. Sementara untuk gas, Pertamina menargetkan sebesar 1,67 miliar kaki kubik per hari (billion cubic feet per day/bcfd). Tahun lalu produksi gas Pertamina sebanyak 1,61 bcfd.

Dalam dua bulan pertama tahun ini, target tersebut memang belum bisa tercapai. Hingga Februari 2015, produksi minyak Pertamina baru mencapai 240.590 bph. Sementara produksi gasnya baru mencapai 1,62 bcfd.

Halaman:
Reporter: Ameidyo Daud Nasution
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...