Proyek Fasilitas Produksi Blok A Medco Sudah Rampung 55%

Anggita Rezki Amelia
12 September 2017, 19:26
Medco Energi
Arief Kamaludin|KATADATA
Medco Energi

PT Medco E&P Malaka terus mengejar target penyelesaian proyek pembangunan fasilitas produksi Blok A di Aceh. Hingga kini kemajuan dari proyek tersebut masih setengah dari seluruh pengerjaan proyek yang ada.

Direktur Produksi PT Medco E&P Malaka Eka Satria mengatakan perusahaannya berusaha agar Blok A bisa berproduksi pada kuartal pertama tahun 2018. "Kemajuan proyek Blok A sampai dengan Agustus 2017 telah mencapai lebih kurang 55% dari target penyelesaian," kata Eka berdasarkan siaran resminya, Selasa (12/9).

(Baca: MedcoEnergi Tambah Hak Kelola di Blok A Menjadi 85 Persen)

Apabila blok tersebut bisa berproduksi sesuai target tentu proyek ini bisa bermanfaat juga bagi pemerintah daerah. Pemerintah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam bisa memperoleh pendapatan dari penjualan gas yang berasal dari blok tersebut.

Di sisi lain, proyek ini juga bisa menciptakan efek domino bagi daerah melalui penciptaan lapangan kerja. Saat ini, proyek fasilitas tersebut dikerjakan tenaga kerja nasional, 63% di antaranya merupakan pekerja lokal asal Aceh.

Ketika pembangunan fasilitas produksi itu selesai, proyek ini akan beralih dari tenaga kerja proyek ke pekerja operasi produksi yang terampil. Nantinya kegiatan operasi ini akan diisi 40 putera puteri asal Aceh, yang saat ini sedang mengikuti pelatihan di ladang-ladang migas Medco E&P di Sumatera Selatan dan Sulawesi. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...