Atani Intensif Dorong Ekspor Produk Pertanian Indonesia

Image title
Oleh - Tim Publikasi Katadata
11 Februari 2019, 13:00
KEMENTAN
Katadata

Bali - Atase Pertanian (Atani) Indonesia makin penting berperan untuk mendorong ekspor Indonesia. Mereka telah mengantongi banyak informasi tentang peluang pasar ekspor serta peluang kerja sama teknis untuk meningkatkan daya saing produk pertanian. Kondisi ini terungkap dalam diskusi Kegiatan Sinkronisasi Program dan Evaluasi Kinerja Atase Pertanian yang dihadiri oleh 120 peserta yang terdiri dari Atase Kementan serta dari berbagai K/L, Asosiasi, Akademisi dan pelaku usaha pertanian, di Bali pada Kamis (7/2). 

Atani berperan memobilisasi dan menarik berbagai bantuan teknis dan investasi, fasilitasi akses pasar untuk berbagai komoditas pertanian unggulan Indonesia ke pasar global. Juga melakukan advokasi kebijakan untuk meyakinkan mitra bilateral dan mempengaruhi kebijakan global agar lebih berpihak pada kepentingan sektor pertanian lokal Indonesia. Atase pertanian juga membuka pasar non-tradisional untuk komoditas pertanian unggulan.

"Saat ini pasar Uni Eropa sangat menekankan pentingnya precision farming dan post harvest handling, juga masalah food safety yang menjadi persyaratan mutlak," ungkap Wahida, Atani Brussel. Peluang pasar untuk produk-produk unggulan pertanian di pasar UE menurut Wahida di antaranya fine flavour cacao, aneka bumbu dapur seperti daun salam dan kemangi.

Sementara menurut Atani Tokyo Sri Nuryanti, pasar Jepang lebih mementingkan penerapan standar higinitas produk, performa komoditas, keseragaman, pengemasan dan label. Buah pisang, mangga, dan pepaya lebih banyak di impor dari Filipina, Ekuador, dan Peru.

 "Pasar Amerika Serikat terbuka untuk komoditas hortikultura seperti nanas, pisang, dan alpukat, serta rempah-rempah," kata Hari Edi Soekirno, Atani Washington

Di pasar Italia, menurut Atani Roma, Ida Ayu Ratih, produk nanas segar sedang di- suspend karena harga jualnya tidak kompetitif. Ekspor Nanas dalam kaleng RI ke Italia masih berjalan dengan nilai transaksi 3-3,5 juta USD. Untuk semester I/2019, telah tercatat transaksi sebesar 1,8 juta dolar Amerika untuk pemesanan nanas kaleng dari Great Giant Pineapple. 

Halaman:
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...