8 Tips Produktif Saat Puasa

Dwi Latifatul Fajri
22 April 2022, 14:10
Tips Produktif Saat Puasa
Pexels/Pavel Danilyuk
Ilustrasi, kegiatan Produktif saat Ramadan

Puasa mengubah pola makan, istirahat, dan kegiatan sehari-hari. Selama puasa tubuh tidak makan dan minum selama 10,5 jam. Meski tidak makan dan minum kita tetap menjalani kegiatan seperti biasa.

Anda bisa melakukan kegiatan produktif di bulan Ramadhan. Termasuk libur akhir pekan ketika puasa. Kegiatan produktif ini membantu tubuh tetap aktif dan sehat. Tetap produktif selama puasa membantu kita lebih fokus dan menyelesaikan pekerjaan lebih mudah. Berikut tips menjalani hari tetap produktif di bulan puasa. 

Tips Produktif Saat Puasa

1. Konsumsi Makanan Sehat

Ketika sahur, anda bisa konsumsi makanan mengandung omega 3, vitamin, mineral, dan protein. Menurut beberapa penelitian konsumsi kacang dapat meningkatkan mood perasaan.

Anda bisa konsumsi buah dan sayuran seperti wortel, brokoli, kembang kol, tomat, kacang hijau, jeruk, melon. Tidak lupa ikan yang mengandung Omega-3 seperti ikan tuna dan salmon. Kedua ikan ini baik untuk meningkatkan memori dan konsentrasi.

2. Mengatur Tugas dan Jadwal

Anda bisa membuat tugas dan jadwal harian untuk kegiatan besok. Contohnya saja rencana besok, waktu, dan prioritas pengerjaan tugas.

Manfaat mengatur tugas dan jadwal ini untuk produktif saat puasa. Tugas dan jadwal teratur membantu anda fokus dan menyelesaikan kegiatan sesuai waktu.

3. Meditasi

Rekomendasi kegiatan di pagi hari selama puasa adalah meditasi. Manfaat meditasi membantu anda untuk mengurangi stress dan membuat badan lebih segar. Olahraga ini membantu kinerja pernapasan dan menjernihkan pikiran. Anda mencari video tentang cara meditasi.

4. Tetapkan Jam Kerja

Mengutip dari thinkmarketingmagazine.com, tips produktif saat puasa yaitu menetapkan jam kerja. Anda bisa mengatur jam kerja bersamaan dengan membuat jadwal harian.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement