4 Contoh Hipotesis Penelitian dalam Skripsi

Dwi Latifatul Fajri
8 Juni 2022, 13:33
contoh hipotesis penelitian
Unsplash/Firmbee.com
Ilustrasi, membuat hipotesis.

Dalam penelitian hipotesis adalah suatu pernyataan tentang karakteristik populasi. Hipotesis menjadi jawaban sementara terhadap masalah dalam penelitian. Dalam penelitian, hipotesis perlu diuji menggunakan data empiris yang diperoleh dari sampel.

Hipotesis disebut juga dugaan, prediksi atau jawaban sementara dari permasalahan. Pernyataan hipotesis dapat menjelaskan suatu fenomena atau kemungkinan jawaban dari penelitian.

Pengertian Hipotesis

Hipotesis berasal dari bahasa Yunani yaitu hupo (sementara) dan thesis (pernyataan atau teori). Mengutip dari buku Hipotesis dan Variabel Penelitian, hipotesis menjadi jawaban sementara terhadap masalah penelitian. Kebenaran harus diuji secara empiris.

Tujuan hipotesis dalam penelitian yaitu membuat kerangka untuk laporan penelitian, memberi pernyataan hubungan yang dapat diuji, dan memudahkan perluasan pengetahuan. Sedangkan fungsi hipotesis dalam penelitian yaitu memandu penelitian, memfokuskan penelitian, memperkecil jangkauan, dan membuat penelitian tetap pada jalur yang berhubungan dengan variabel.

Menurut Sugiyono variabel penelitian adalah segala sesuatu yang berbentuk apa saja, kemudian ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari hingga ditarik kesimpulan.

Jenis Penelitian yang Menggunakan Hipotesis

1. Case Studies

Hipotesis digunakan untuk menghitung penelitian

2. Causal Comparative Studies

Hipotesis dipakai untuk melihat perbedaan (different) atau melihat kesamaan di antara 2 variabel

3. Correlations Studies

Penelitian ini berhubungan dengan dugaan adanya hubungan antara 2 variabel

Jenis Hipotesis

1. Hipotesis Nol (Hipotesis statistik)

Simbol hipotesis nol biasanya Ho. Jenis hipotesis ini sering dipakai dalam penelitian kuantitatif yang membutuhkan hitungan statistik. Hipotesis nol menjelaskan pengaruh atau tidak variabel satu dengan yang lain. Contoh hipotesis ini yaitu tidak ada hubungan antara tingkat pendidikan mahasiswa dengan peluang mencari kerja.

2. Hipotesis Alternatif

Mengutip dari penerbitdeepublish.com, hipotesis alternatif berfungsi menunjukkan perbedaan dua kelompok. Simbol hipotesis alternatif yaitu Ha. Fungsi lain hipotesis ini untuk melihat hubungan variabel X dan Y. Contoh hipotesis alternatif yaitu ada hubungan antara tingkat kemiskinan dan tersedianya lowongan kerja.

Contoh Hipotesis Penelitian

Mengutip dari buku Pengujian Hipotesis oleh Ahmadriswan Nasution, ada 3 macam hipotesis yaitu hipotesis deskriptif, hipotesis komparatif, hipotesis asosiatif, dan hipotesis kausal. Berikut macam dan contoh hipotesis penelitian kuantitatif dalam skripsi:

1. Hipotesis Deskriptif

Hipotesis deskriptif adalah dugaan atau jawaban sementara dari masalah deskriptif yang berhubungan dengan variabel tunggal. Berikut contohnya:

Peneliti sedang meneliti merk minuman soda yang mengandung alkohol. Peneliti membuat rumusan masalah yaitu apakah benar sebuah merek minuman soda mengandung alkohol? Maka hipotesis dari rumusan masalah ini adalah:

Ho: sebuah merek minuman soda mengandung alkohol
H1: sebuah merek minuman soda tidak mengandung alkohol

2. Hipotesis Komparatif

Merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah yang membandingkan (komparasi) antar 2 variabel penelitian. Contohnya yaitu:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement