Menilik Cara Keluar dari Zona Nyaman agar Bisa Meraih Pencapaian Baru

Image title
22 Desember 2022, 18:21
Cara Keluar dari Zona Nyaman
Katadata
Ilustrasi, keluar dari zona nyaman.

Zona nyaman kini semakin populer dibicarakan dan digambarkan sebagai lingkungan atau kondisi yang membuat seseorang terlalu nyaman di tempat kerjanya, atau di posisinya saat ini. Orang yang berada dalam zona nyaman cenderung melakukan beragam hal secara normal, dan tidak ingin mengambil risiko.

Akibatnya, orang yang berada di dalam zona nyaman cenderung memiliki karir yang stagnan. Singkatnya, orang tersebut hanya berfokus pada pekerjaan yang dilakukan tanpa ingin mengambil inisiatif dalam tempat kerja, atau mengambil risiko pindah, karena takut hal tersebut dapat berdampak pada kesehatan mental. Namun, hal ini justru menyebabkan kinerja yang stabil tanpa adanya perbaikan.

Perlunya Keluar dari Zona Nyaman

Sebelum membahas seputar cara keluar dari zona nyaman, perlu diketahui bekerja di dalam zona nyaman artinya kita bekerja tanpa mengambil risiko besar. Orang yang bekerja di dalam zona nyaman cenderung tidak perlu merasa khawatir karena tidak ada risiko dalam pekerjaannya. Alhasil peforma kerja yang dihasilkan cenderung netral dan stabil.

Yerkes & Dodson menjelaskan, bagaimana orang merespons atau bereaksi terhadap rangsangan yang menimbulkan rasa takut. Menanggapi rangsangan tersebut, manusia bisa melakukan tiga hal di antaranya melawan (memenuhi tantangan), lari atau sembunyi dan membeku (lumpuh).

Kondisi tersebut bisa terjadi karena sistem syaraf manusia memiliki zona gairah yang dikenal dengan Goldilock. Jika Anda berada dalam zona nyaman terlalu lama bisa menimbulkan rasa bosan. Begitu juga jika terlalu jauh berada di dalam zona nyaman bisa menghambat kemajuan.

Menghabiskan terlalu banyak waktu di zona nyaman bisa membosankan, melelahkan dan tidak menyenangkan. Terkadang seseorang menginginkan kehidupan atau perjalanan baru lainnya. Sayangnya masih merasa ragu dan takut keluar dari zona nyaman tersebut.

Cara Keluar dari Zona Nyaman Hidup

Keluar dari zona nyaman memang tidak semudah apa yang kita bayangkan. Terkadang kita bingung dan tidak tahu harus mulai dari mana dan berbuat apa. Berikut beberapa cara keluar dari zona nyaman yang bisa Anda coba, di antaranya:

1. Pikirkan Apa yang Membuat Anda Takut 

Cara pertama pikirkan apa yang membuat Anda takut keluar dari zona nyaman. Coba lihat zona yang dirasa menakutkan dengan cara lebih menyenangkan agar tidak terjebak di dalamnya. Hal ini berfokus pada perasaan gembira dan kebanggaan yang Anda rasakan ketika mulai meninggalkan zona nyaman.

2. Membuat Rencana yang Jelas

Membuat rencana yang jelas bisa jadi cara keluar dari zona nyaman pekerjaan yang bisa dicoba untuk bisa mengendalikannya. Ketika membuat rencana, Anda perlu memahami apa yang ingin dicapai, bagaimana mencapainya dan mempertimbangkan risiko yang mungkin timbul.

3. Yakinkan Diri Atas Apa yang Bisa Anda Lakukan

Coba katakan pada diri sendiri apa yang tidak bisa Anda lakukan. Jadi percayalah pada diri sendiri bahwa Anda bisa menguasai tantangan baru dan meninggalkan zona nyaman tanpa takut menyesal. Bicarakan hal-hal positif  tentang diri dan yakinlah memulai hal baru.

4. Coba Keluar Zona Nyaman Secara Bertahap

Coba keluar dari zona nyaman secara bertahap untuk bisa beradaptasi dengan situasi baru. Namun jangan terlalu keras agar Anda tidak merasa stres  dan nyaman menjalan situasi baru. Jika dirasa tidak menyukai, Anda bisa berhenti.

5. Meminta Dukungan untuk Lebih Optimis

Cara lainnya bicaralah dengan orang terdekat terkait keinginan untuk keluar dari zona nyaman. Mintalah mereka untuk mendukung Anda dan membuat lebih bersemangat serta termotivasi untuk terus melakukannya. Selain itu, bisa juga membaca buku motivasi tentang orang sukses yang mampu keluar dari zona nyaman dan merasa bahagia.

6.  Ingat Hal-hal yang Bisa Terlewati

Anda mungkin pernah merasa takut terhadap masa lalu tetapi telah berhasil melewatinya. Hal ini menunjukan bahwa Anda berhasil menghadapi tantangan. Membuat daftar pencapaian bisa jadi solusi untuk meningkatkan kepercayaan diri bahwa Anda sudah berada di luar zona nyaman.

7. Memberi Self Reward

Untuk keluar dari zona nyaman memang membutuhkan keberanian. Keluarlah dari zona nyaman tersebut lalu beri hadiah pada diri sendiri. Hal tersebut sebagai upaya merayakan kemajuan positif atas perubahan yang telah dibuat untuk mencapai tujuan dan jadi hal bagus untuk mengevaluasi diri sendiri. 

7 cara keluar dari zona nyaman ini bisa Anda coba agar bisa terus berkembang dan meraih pencapaian baru yang lebih besar. Meski tidak mudah, Anda pasti bisa melewatinya secara bertahap. Pastikan diri tetap merasa nyaman saat keluar dari zona nyaman.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait