Pusat Ekonomi Digital Akan Dibangun di Batam dengan Luas 166,45 Ha

Rizky Alika
10 Juli 2020, 18:51
Ilustrasi, Pulau Batam. Pemerintah sepakat membangun dua kawasan ekonomi khusus (KEK) di batam, untuk pusat ekonomi digital dan industri penunjang penerbangan.
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Ilustrasi, Pulau Batam. Pemerintah sepakat membangun dua kawasan ekonomi khusus (KEK) di batam, untuk pusat ekonomi digital dan industri penunjang penerbangan.

Sidang Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) menyetujui pembentukan dua KEK baru, yaitu pusat ekonomi digital, dan sektor penunjang industri penerbangan. Dua KEK tersebut adalah, KEK Nongsa Digital Park, dan KEK MRO Batam Aero Technic.

KEK Nongsa Digital Park dan KEK MRO Batam Aero Technic hari ini kami setujui untuk ditetapkan sebagai KEK, karena telah memenuhi syarat,” kata Menteri Koordinator Bidang Perkonomian Airlangga Hartarto sekaligus Ketua Dewan Nasional KEK, dalam siaran pers, Jumat (10/7).

Selanjutnya, Dewan Nasional KEK akan merekomendasikan kepada Presiden Joko Widodo, untuk ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah (PP). Setelah ditetapkan, dua KEK tersebut diberikan waktu paling lama tiga tahun sampai siap beroperasi, dan dilakukan evaluasi pembangunan setiap tahunnya.

Sekretaris Dewan Nasional KEK Enoh Suharto Pranoto menjelaskan, KEK Nongsa Digital Park memiliki luas lahan 166,45 hektare (Ha) dengan total investasi Rp 16 triliun. Secvara perinci, investasi untuk pembangunan sebesar Rp 1,09 triliun, dan investasi tenant Rp 14,90 triliun. Diharapkan, total tenaga kerja yang akan terserap sebanyak 16.500 orang.

KEK Nongsa Digital Park dinilai siap, karena lahan telah dikuasai dan peruntukannnya telah sesuai dengan Perpres No. 87 Tahun 2011. Selain itu, sudah ada investor yang masuk, yakni PT Kinema untuk IT Apple Academy, dan calon investor pusat data PT Nexus, D-Town Commercial Center.

Di sisi lain, infrastruktur kawasan telah terbangun di lahan tahap pertama seluas 91,11 Ha, yaitu yaitu marina, resort, studio film, IT office, dan lapangan golf.

(Baca: Terkendala Aturan, Penetapan Pusat Ekonomi Digital di Batam Tertunda)

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...