Ada Penembakan di Luar Gedung Putih, Trump Dievakuasi saat Konpers

Agustiyanti
11 Agustus 2020, 09:52
donald trump, presiden AS, penembakan depan gedung putih, gedung putih
ANTARA FOTO/REUTERS/Leah Millis/WSJ/dj
Ilustrasi. Presiden AS Donald Trump memuji tindakan cepat Secret Service atau Paspampres yang langsung mengevakuasi dirinya dan sejumlah pejabat AS saat diketahui terjadi penembakan di luar Gedung Putih.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendadak dievakuasi saat menggelar konferensi pers pada Senin (10/8) waktu setempat karena terjadi penembakan di luar Gedung Putih.

Namun, Trump kembali ke ruang pers beberapa menit kemudian dan mengatakan seseorang telah ditembak oleh penegak hukum dan dibawa ke rumah sakit.

Advertisement

"Itu penembakan di luar Gedung Putih. Tampaknya terkendali dengan sangat baik, tapi sebenarnya ada penembakan dan seseorang telah dibawa ke rumah sakit. Saya tidak tahu kondisi orang tersebut," ujar Trump dikutip dari Reuters.

Dia mengatakan penembakan itu terjadi di dekat pagar di tepi halaman Gedung Putih.

Secret Service atau Paspampres AS dalam unggahan di Twitter menyebut penyelidikan terhadap satuan petugas USSS yang terlibat penembakan sedang berlangsung.

 Seorang laki-laki dan petugas USSS keduanya diangkut ke rumah sakit setempat. Selama insiden ini, kompleks Gedung Putih tidak pernah dilanggar atau ada orang yang dilindungi dalam bahaya.  Pintu ruang rapat Gedung Putih dikunci sesaat sebelum Trump dikawal keluar.

Tidak ada orang lain yang terluka dalam penembakan itu, kata Trump. Dia memuji tanggapan Secret Service dan mengatakan agen tersebut akan memberikan informasi lebih lanjut terkait kejadian.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement