Jokowi Janjikan Pembangunan Ibu Kota Negara Diawali Rehabilitasi Hutan

Area di Ibu Kota Negara (IKN) dan sekitarnya akan dikembalikan pada fungsi semula yaitu sebagai hutan tropis dan bukan hutan yang monokultur dan homogen.
Image title
14 Maret 2022, 22:01
IKN, ibu kota negara, ibu kota baru
Dokumentasi Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo meninjau langsung Persemaian Mentawir yang terletak di Desa Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Senin (14/3).

Pemerintah akan memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan mulai 2024. Presiden Joko Widodo menjanjikan pembangunan ibu kota baru akan diawali dengan merehabilitasi hutan. 

"Ini sudah sering saya sampaikan, bahwa pembangunan IKN akan diawali dengan merehabilitasi hutan-hutan yang ada, agar area-area di IKN dan sekitarnya kembali pada fungsi semula yaitu sebagai hutan tropis dan bukan hutan yang monokultur, yang homogen," ujar Jokowi saat meninjau langsung Persemaian Mentawir yang terletak di Desa Mentawir, Penajam Paser Utara pada Senin (14/3).

Jokwi tiba di lokasi sekitar pukul 17.15 WITA untuk berkeliling melihat sejumlah fasilitas dan bibit pohon yang ada di lokasi persemaian.

Saat meninjau Persemaian Mentawir,  Jokowi didampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap persemaian Mentawir dapat memproduksi 15-20 juta bibit pohon kayu nyatoh, meranti, kapur, gaharu, hingga jambu-jambuan dalam 6-7 bulan ke depan. Penanaman pohon-pohon tersebut diharapkan dapat membuat beragam binatang, termasuk burung-buruk kembali ke habitatnya di kawasan IKN.

"Kami harapkan dengan penanaman kembali, habitat yang ada akan kembali seperti semula dan suasana di IKN Nusantara nanti betul-betul seperti yang sudah kita rencanakan yaitu kota hutan," ujarnya.

Jokowi menjelaskan, jutaan bibit yang dihasilkan dari Persemaian Mentawir akan ditanam di lahan-lahan kritis yang ada di kawasan IKN. "Penanaman akan dilakukan di sela-sela tanaman  eukaliptus yang ada di sana. Sehingga saat eukaliptusnya ditebang, pohon meranti, kapur, nyatoh, gaharu, bangkirai, jambu-jambu yang disemai sudah tinggi," katanya.

Adapun Jokowi pada malam ini berkemah di kawasan calon Ibu Kota Negara  bersama dengan Iriana Jokowi. Ia juga ditemani sejumlah menteri, yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono serta Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa.

Kemudian, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe. Turut ikut berkemah Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartonomengatakan, kegiatan berkemah tidak diikuti oleh gubernur dari wilayah lainnya seerti dijadwalkan di awal lantaran lokasi kemah terbatas. "Berbentuk kontur tanah dan fasilitas air dan lain-lain sangat terbatas" ujar Heru.

Malam ini, Jokowi akan berdiskusi dengan para menteri terkait IKN. Jokowi sebelumnya juga melakukan prosesi penyatuan tanah dan air Nusantara dari 34 gubernur di setiap provinsi. Prosesi dilakukan di titik nol IKN, Penajam Paser Utara.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait