Jokowi Janjikan Pembangunan Ibu Kota Negara Diawali Rehabilitasi Hutan

Agustiyanti
14 Maret 2022, 22:01
IKN, ibu kota negara, ibu kota baru
Dokumentasi Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo meninjau langsung Persemaian Mentawir yang terletak di Desa Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Senin (14/3).

Pemerintah akan memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan mulai 2024. Presiden Joko Widodo menjanjikan pembangunan ibu kota baru akan diawali dengan merehabilitasi hutan. 

"Ini sudah sering saya sampaikan, bahwa pembangunan IKN akan diawali dengan merehabilitasi hutan-hutan yang ada, agar area-area di IKN dan sekitarnya kembali pada fungsi semula yaitu sebagai hutan tropis dan bukan hutan yang monokultur, yang homogen," ujar Jokowi saat meninjau langsung Persemaian Mentawir yang terletak di Desa Mentawir, Penajam Paser Utara pada Senin (14/3).

Jokwi tiba di lokasi sekitar pukul 17.15 WITA untuk berkeliling melihat sejumlah fasilitas dan bibit pohon yang ada di lokasi persemaian.

Saat meninjau Persemaian Mentawir,  Jokowi didampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berharap persemaian Mentawir dapat memproduksi 15-20 juta bibit pohon kayu nyatoh, meranti, kapur, gaharu, hingga jambu-jambuan dalam 6-7 bulan ke depan. Penanaman pohon-pohon tersebut diharapkan dapat membuat beragam binatang, termasuk burung-buruk kembali ke habitatnya di kawasan IKN.

"Kami harapkan dengan penanaman kembali, habitat yang ada akan kembali seperti semula dan suasana di IKN Nusantara nanti betul-betul seperti yang sudah kita rencanakan yaitu kota hutan," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...