PPP sebut KIB Lirik Ridwan Kamil untuk Pilpres 2024

Ade Rosman
21 Januari 2023, 13:36
ridwan kamil, PPP, KIB, golkar
Instagram Partai Golkar
Ridwan Kamil secara resmi mengumumkan bergabung dengan partai Golkar pada Rabu (18/1).

Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Achmad Baidowi alias Awiek menyatakan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil masuk ke dalam salah satu tokoh yang dipantau elektabilitasnya oleh Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Koalisi ini terdiri dari PPP bersama Golkar dan PAN.

Ridwan Kamil secara resmi mengumumkan bergabung dengan partai Golkar pada Rabu (18/1). Pada saat yang sama, ia mengatakan dukungannya terhadap Ketua Umum partai Golkar Airlangga Hartarto sebagai bakal calon presiden 2024 mendatang.

Awiek mengatakan, KIB tengah mempertimbangkan Ridwan Kamil sebagai bakal calon wakil presiden. "Pilpres kan tidak hanya capres, Emil dipantau untikada cawapres," Kata Awiek, kepada Katadata.co.id, Jumat (20/1).

Ridwan Kamil saat ini dipercaya sebagai Wakil Ketua Umum bidang penggalangan pemilih, dan co-chair Badan Pemenenangan Pemilu. Airlangga mengatakan, posisi tersebut diberikan kepada Ridwan Kamil karena dinilai penting menjelang pemilu yang hanya tinggal satu tahun.

Selain Ridwan Kamil, Awiek mengatakan, pihaknya juga memonitor  elektabilitas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. "Sama, Sandiaga Uno juga sedang dimonitor," kata Awiek. 

Ridwan Kamil menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) terkuat pada akhir 2022 berdasarkan hasil survei Indikator. Dalam survei tersebut Ridwan Kamil meraih dukungan publik sebesar 21,6% sebagai cawapres 2024. Sedangkan pesaing terdekatnya, Sandiaga Salahuddin Uno hanya meraih elektabilitas 13%.

Di urutan selanjutnya ada Agus Harimurti Yudhoyono yang meraih 12,4%, Erick Thohir 8,8%, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 6,6%.

Survei Indikator tersebut dilaksanakan pada 1-6 Desember 2022 terhadap 1.220 responden yang tersebar di 34 provinsi. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling dengan toleransi kesalahan +/- 2,95% dan tingkat kepercayaan 95%.

Reporter: Ade Rosman
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...