Abisai Rollo, Eks Timses Jokowi yang Pimpin Tokoh Papua ke Istana

Dimas Jarot Bayu
10 September 2019, 18:44
Abisai Rollo, Papua, Jokowi.
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Presiden Joko Widodo (kanan) menerima map berisi saran dari perwakilan tokoh Papua Abisai Rollo (kiri) dalam pertemuan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/9/2019). Pertemuan tersebut membahas isu-isu terkini di Papua. Abisai diketahui merupakan Ketua Timses Jokowi-Ma'ruf di Kota Jayapura saat Pemilihan Presiden 2019 lalu.

Abisai Rollo,  salah satu dari 61 tokoh Papua yang bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/9) mendapat sorotan. Ketua DPRD Kota Jayapura tersebut bukanlah orang baru di lingkungan Jokowi.

Selain menjadi Ketua DPRD Jayapura, Abisai diketahui merupakan politisi dari Partai Golkar, salah satu partai pendukung pemerintah saat ini. Dia pun sempat menjadi Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) bagi Jokowi-Ma’ruf Amin di Jayapura dalam Pilpres 2019.

Abisai pun mengkonfirmasi dirinya yang pernah menjadi eks TKD. “Iya saya ketua timses,” kata Abisai kepada awak media, setelah bertemu dengan Jokowi. 

(Baca: Bertemu Jokowi, 61 Tokoh Minta Pengembangan SDM Papua)

Abisai bahkan menjadi satu-satunya tokoh yang diberikan kesempatan bicara mewakili 60 tokoh lainnya. Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan pun menyebut Abisai sebagai pimpinan dari 61 tokoh Papua yang hadir.

“Kami mohon dari ketua rombongan kakak Abisai Rollo menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan kedatangan ini," kata Budi.

Menanggapi hal ini, Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Adita Irawati membantah kehadiran Abisai di pertemuan 61 tokoh Papua lantaran pernah menjadi Ketua TKD Jokowi-Ma’ruf Amin di Jayapura.

Menurut Adita, ada berbagai komponen masyarakat Papua lainnya yang hadir dalam pertemuan tersebut, mulai dari dari tokoh adat, gereja, organisasi, akademisi, mahasiswa, perempuan, hingga pemuda. Lebih lanjut, Adita tak yakin jika Jokowi hanya mengundang tokoh Papua yang pro-pemerintah.

“Enggak mungkin lah dalam konteks sekarang Bapak hanya mengundang yang sudah mendukung beliau,” kata Adita.

(Baca: Jokowi Setuju Usulan Pemekaran Wilayah di Papua)

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...