Pidato di HUT PAN, Jokowi Sebut Pihak yang Terusik dengan Perubahan

Ameidyo Daud Nasution
23 Agustus 2020, 19:56
PAN, jokowi, partai politik
Katadata
Presiden Joko Widodo memberi sambutan pada HUT ke-22 PAN, Minggu (23/8). (Foto: Sekretariat Presiden RI).

Hajatan Partai Gerindra bukan menjadi yang terakhir dihadiri Presiden Joko Widodo di kala pandemi. Jokowi pada Minggu (23/8) memberi sambutan virtual dalam HUT ke-22 Partai Amanat Nasional (PAN).

Dalam sambutannya, Jokowi sempat menyinggung semangat reformasi yang sangat relevan saat pandemi. Dia mengatakan perubahan ini tidak mudah dilakukan karena terlalu banyak orang yang menikmati zona nyaman.

Hal ini membuat banyak yang terusik ketika perubahan dilakukan. Padahal ruang persaingan saat ini harus dibuka di segala bidang. “Kita jangan takut dengan kompetisi,” kata Jokowi.

Semangat reformasi yang sangat relevan saat ini adalah krisis kesehatan dan ekonomi akibat virus corona. Jokowi mengajak semua pihak mengambil peluang untuk melompat maju di masa depan. “Kita harus bergerak serentak, mendobrak tantangan dan perbaikan."

Apalagi, Indonesia 22 tahun lalu telah memulai reformasi besar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Oleh sebab itu perubahan luar biasa perlu dilakukan lagi dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan dampaknya.

“Langkah fundamental, memanfaatkan momentum krisis untuk melakukan lompatan kemajuan,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...