Dominasi Tiongkok dalam Uji Klinis Kandidat Vaksin Covid-19

Ameidyo Daud Nasution
19 September 2020, 12:56
vaksin, Tiongkok, virus corona
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.
Ilustrasi vaksin. WHO merilis daftar calon vaksin corona yang masuk dalam uji coba tahap tiga.

Organisasi kesehatan dunia (WHO) merilis data terbaru kandidat vaksin virus corona hingga Kamis (17/9). Terdapat sembilan calon serum anti Covid-19 yang telah masuk dalam uji klinis tahap tiga.

Pengujian fase tiga dilakukan untuk menguji efektivitas vaksin dalam jumlah penduduk berskala besar. Tes ini biasanya dilakukan sebelum perusahaan memasuki tahap produksi.

Advertisement

Tiongkok memborong kandidat vaksin terbanyak dalam daftar tersebut yakni empat calon. Keempatnya adalah Sinovac, CanSino Biological Inc./Beijing Institute of Biotechnology, Wuhan Institute of Biological Products/Sinopharm, dan Beijing Institute of Biological Products/Sinopharm.

Tak hanya mengembangkan sendiri, perusahaan asal Negeri Panda yakni Fosun Pharma juga berkolaborasi dengan BioNTech dan raksasa farmasi Pfizer untuk mengembangkan vaksin bernama 3 LNP-mRNAs.

Sedangkan empat kandidat lain adalah University of Oxford/AstraZeneca, Gamaleya Research Institute, Moderna/NIAID, dan Janssen Pharmaceutical Companies.

Dalam pengujian tahap tiga, perusahaan akan menggelar uji coba di beberapa negara. AstraZeneca sedang dalam proses pengujian di Brasil dan Afrika Selatan.  Indonesia sendiri ikut serta dengan menjajal vaksin Sinovac dan bekerja sama dengan PT Bio Farma (Persero).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement