Dubes RI Akan ke Sabah Cek WNI Meninggal di Tahanan Imigrasi Malaysia

Ameidyo Daud Nasution
30 Juni 2022, 18:27
malaysia, kemenlu, wni
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/tom.
Sejumlah Pekerja Migran Indonesia (PMI) bermasalah menunggu waktu untuk turun dari truk Imigresen Malaysia saat tiba di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Kamis (28/4/2022).

Kementerian Luar Negeri terus menindaklanjuti belasan Warga Negara Indonesia (WNI) yang meninggal di tahanan imigrasi Malaysia. Duta Besar RI untuk Malaysia, Hermono akan meluncur ke Negara Bagian Sabah untuk mengecek langsung masalah ini.

Hermono akan mendalami dan membahas kasus ini dengan otoritas terkait di Malaysia. "Semoga kita bisa mendapatkan informasi yang komprehensif," kata Juru Bicara Kemenlu Teuku Faizasyah dalam konferensi pers, Kamis (30/6).

Faizasyah mengatakan meninggalnya WNI menjadi perhatian pemerintah. Kemenlu juga meminta Malaysia lebih baik lagi menangani seluruh orang yang ditahan di detensi imigrasi.

"Agar kesehatan dan keselamatan di tempat detensi jadi perhatian mereka, bukan hanya untuk WNI tapi untuk warga negara lainnya," kata Faizasyah 

Faizasyah mengatakan dari 2021 hingga 2022 ada 15 WNI yang meninggal dunia di imigrasi Malaysia karena berbagai hal. Ia juga mengakui soal jumlah ini masih ada perbedaan dengan angka yang diberikan Koalisi Buruh Migran Berdaulat (KBMB).

"Perwakilan di Kota Kinabalu dan Tawau telah bertemu imigrasi di Sabah, memang dari jumlah ada perbedaan," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...