Jokowi Khawatir Potensi Kemarau Panjang di Indonesia Ancam Pangan

Andi M. Arief
12 Oktober 2022, 21:24
jokowi, bendungan, kemarau
Istimewa
Presiden Joko Widodo (tengah) saat acara peresmian Jalan Tol Cibitung - Cilincing di Gerbang Tol Gabus, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (20/9/2022).

Presiden Joko Widodo mengkhawatirkan kekeringan panjang akan berdampak besar pada pasokan pangan di Indonesia. Makanya Jokowi memerintahkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR untuk mengantisipasi kekeringan tersebut. 

Kepala Negara mencatat beberapa negara telah dilanda oleh bencana alam, seperti banjir bandang di Pakistan, badai di Amerika Serikat, dan kekeringan panjang di Kenya. Menurutnya, kejadian bencana alam tersebut harus menjadi bahan evaluasi pemerintah dalam menghadapi bencana alam.

Kekhawatiran Presiden Jokowi didasari oleh berlanjutnya musim kemarau basah sejak 3 tahun lalu hingga saat ini. "Ini kita sudah mendapatkan hampir 3 tahun musim basah. Yang saya takutkan yang ada nanti musim kering yang panjang," katanya dalam  akun resmi Sekretariat Negara, Rabu (12/10).

Oleh karena itu, Presiden menginstruksikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk memperbanyak jumlah embung di dalam negeri. Embung umumnya berfungsi sebagai infrastruktur yang menghubungkan air di bendungan dan jaringan irigasi.

"Yang kecil-kecil, bukan bendungan, bukan dam, dan infrastruktur air lain-lain. Urusan pembangunan embung yang kecil-kecil itu segera disiapkan," kata Jokowi.

Namun demikian, Kepala Negara juga menyadari bahwa saat ini adalah musim hujan di dalam negeri. Maka dari itu, Jokowi juga meminta Basuki untuk mempersiapkan pompa air di titik-titik rawan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...