9 Orang Ditahan Usai Jembatan Ambruk Tewaskan 134 Pengunjung di India

Ameidyo Daud Nasution
31 Oktober 2022, 20:54
Jembatan ambruk di Morbi, India pada Minggu (30/10) menewaskan 134 orang. Foto: Antara.
Antara
Jembatan ambruk di Morbi, India pada Minggu (30/10) menewaskan 134 orang. Foto: Antara.

Polisi India menahan sembilan orang untuk diperiksa terkait penyelidikan kriminal usai sebuah jembatan ambruk. Tercatat, 134 orang tewas akibat ambruknya jembatan yang berada di atas Sungai Machchhu, Gujarat bagian barat itu pada Minggu (30/10).

Kesembilan orang itu bertanggung jawab atas renovasi, pemeliharaan, dan pengelolaan jembatan. Jembatan yang membentang sejak 1877 itu sebenarnya baru sepekan dioperasikan kembali usai perbaikan.

Dalam rekaman CCTV sesaat sebelum runtuhnya jembatan, terlihat sekelompok pemuda mengambil foto. Sementara rekan-rekannya mencoba mengguncang jembatan dari satu sisi ke sisi yang lain. Akibatnya, kabel penahan jembatan tersebut putus.

"Sekitar 15-20 anak muda menggoyang-goyangkan tali jembatan. Tiga kali terdengar suara bising dari jembatan sebelum ambruk," kata seorang saksi bernama Ashwin Mehra dikutip dari Reuters, Senin (31/10).

Jembatan era kolonial di pusat Kota Morbi itu dipenuhi wisatawan saat runtuh akhir pekan lalu. Sekitar 400 orang membeli tiket untuk naik ke jembatan dalam rangka perayaan festival Diwali dan Chhath Puja.

"Orang-orang tergantung di jembatan setelah kecelakaan, tetapi mereka terpeleset dan jatuh ke sungai ketika runtuh," kata seorang saksi bernama Raju.

Pencarian korban juga disulitkan kondisi air sungai yang berlumpur dan kemungkinan masih ada korban yang terjebak di bawah puing jembatan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...