IHSG Diramal Naik, Saham UNTR, BREN hingga MEDC jadi Rekomendasi

Katadata/Nur Hana Putri Nabila
Seorang karyawan melintas di depan papan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Gedung Bursa Efek Indonesia, Kamis (19/9).
17/10/2024, 08.00 WIB

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi menguat pada perdagangan Kamis (17/10). Penguatan kali ini ditopang oleh arah suku bunga Bank Indonesia (BI) serta daftar calon menteri yang akan mengisi pemerintahan Prabowo Subianto nanti. 

Berdasarkan riset Phintraco Sekuritas, IHSG berhasil naik kembali atau rebound di atas garis rata-rata 20 hari (MA20) dan mulai menunjukkan tanda-tanda kenaikan. Sehingga ada peluang IHSG bisa terus menguat hingga mencapai level 7.700.

Phintraco Sekuritas melihat pelaku pasar menyambut baik keputusan Bank Indonesia untuk mempertahankan suku bunga acuan atau BI-Rate di level 6% pada 16 Oktober. Bank sentral juga memberikan sinyal kemungkinan penurunan suku bunga lebih lanjut, berdasarkan perkembangan inflasi, nilai tukar rupiah, dan pertumbuhan ekonomi ke depan.

“Pelaku pasar juga terus mencermati perkembangan petunjuk mengenai nama-nama yang akan mengisi pos-pos menteri menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada Minggu, 20 Oktober 2024,” tulis Phintraco Sekuritas dalam risetnya, Kamis (17/10).

Rekomendasi Saham Pilihan

Phintraco Sekuritas merekomendasikan saham seperti PT United Tractors Tbk (UNTR), PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk (SIDO), PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), dan PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC).

Sementara Senior Analyst Capital Market MNC Sekuritas Herditya Wicaksana memperkirakan IHSG bergerak ke level support di 7.518 dan 7.449, sedangkan level resistance di 7.663 dan 7.726.

Support merupakan area harga saham tertentu yang diyakini sebagai titik terendah pada satu waktu. Saat menyentuh support, harga umumnya akan kembali naik karena peningkatan pembelian.

Sedangkan resistance merupakan tingkat harga saham tertentu yang dinilai sebagai titik tertinggi. Setelah saham menyentuh level ini, biasanya akan ada aksi jual cukup besar hingga laju kenaikan harga tertahan. 

Rekomendasi Saham dari MNC Sekuritas:

  • Buy on weakness pada saham PT Barito Renewables Energy Tbk (BREN) dengan rentang harga Rp 6.575–6.675 
  • Buy on weakness pada saham PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM) dengan rentang harga Rp 2.940–2.980 dengan target harga terdekat di Rp 3.080–3.200.
  • Buy on weakness pada saham PT United Tractors Tbk (UNTR) pada rentang harga Rp 25.925–26.275 di target harga terdekat Rp 27.125–28.075
Reporter: Nur Hana Putri Nabila