Efek Samping Minum Kopi Bagi Wanita dan Pria yang Patut Diwaspadai

ANTARA FOTO/Fauzan/pras.
Sajian kopi koya, kopi khas Minahasa, Sulawesi Utara/
7/9/2021, 12.10 WIB

Siapa yang tidak mengenal kopi? Minuman dengan cita rasa dan aroma khas ini memang sudah populer sejak dahulu. Tren minum kopi semakin meningkat seiring banyaknya kedai kopi di berbagai tempat. 

Menurut Databoks, diketahui konsumsi kopi domestik di Indonesia terus meningkat sejak 2014 hingga 2019. Bahkan, periode 2018 – 2019 konsumsi kopi domestik mencapai 4.800 kantong berkapasitas 60 kilogram (kg).

Hal itu membutikan, kopi menjadi minuman yang banyak dikonsumsi. Meskipun memiliki banyak manfaat, namun mengonsumsi kopi berlebihan bisa menyebabkan efek samping bagi kesehatan. Apa saja efek samping minum kopi? Berikut penjelasannya.

Efek Samping Minum Kopi bagi Wanita

Mengonsumsi kopi berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan. Efek samping minum kopi secara berlebih pada wanita juga akan memberikan berbagai dampak, sebagaimana dilansir dari klikdokter.com. Berikut penjelasannya.

1. Menyebabkan tulang keropos

Wanita yang terlalu banyak mengonsumsi kopi memiliki risiko tulang keropos. Hal ini dikarenakan, kafein yang ada pada kopi bisa memengaruhi kesehatan tulang dan menurunkan penyerapan kalsium. Jika Anda mengonsumsi kopi dengan susu atau sumber kalsium lain, maka kebaikan kalsium tersebut tidak bisa diserap secara sempurna. Konsumsi kopi lebih dari tiga cangkir setiap harinya, bisa meningkatkan risiko pengeroposan tulang.

2. Berpotensi meningkatkan gangguan kecemasan dan panik

Efek samping minum kopi bagi wanita selanjutnya yaitu bisa menyebabkan panik dan cemas. Kopi diketahui bisa membuat frekuensi denyut nadi meningkat, hal tersebutlah yang bisa menjadi pemicu kepanikan.

3. Gangguan kesuburan

Konsumsi kopi yang terlalu berlebih berpotensi menyebabkan efek kurang baik pada organ reproduksi wanita. Ada beberapa masalah kesehatan organ reproduksi, seperti gangguan pada tuba falopi dan endometriosis yang disebabkan oleh konsumsi kopi berlebih. Endometriosis merupakan penyakit yang ditandai dengan tumbuhnya jaringan di lapisan dalam dinding rahim pada bagian luar rongga rahim. Kondisi inilah yang bisa mempengaruhi kesuburan wanita.

4. Meningkatkan risiko keguguran

Efek samping minum kopi lainnya saat dikonsumsi terlalu banyak yaitu meningkatkan risiko keguguran. Bukan hanya itu, ibu hamil yang terlalu sering mengonsumsi kopi juga berpotensi melahirkan bayi dengan berat badan rendah.

Efek Samping Minum Kopi bagi Pria

Efek samping minum kopi tidak hanya dirasakan para wanita, namun pria juga bisa terkena dampak negatif mengonsumsi kopi berlebihan. Menurut penjelasan hellosehat.com, beberapa efek samping minum kopi bagi pria seperti berikut:

Halaman: