Cara Aman Merawat Pasien Covid-19 di Rumah

Hanna Farah Vania
8 September 2021, 08:30
Cara Aman Merawat Pasien Covid-19 di Rumah
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/rwa.
Paket bahan pokok diletakkan di pagar rumah warga yang menjalani isolasi mandiri di Jalan As-Syafiiyah, Cipayung, Jakarta, Jumat (21/5/2021).

Pandemi Covid-19 masih berlangsung namun fenomena kerumunan mulai meningkat lagi di berbagai tempat. Terbaru, terjadi pelanggaran aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang terjadi di tempat makan Holywings Kemang, Jakarta Selatan.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjatuhkan sanksi berupa penutupan sementara selama pelaksanaan PPKM Level 3. Selain itu, menjatuhkan denda Rp50 juta. Kondisi tersebut disayangkan oleh sejumlah pihak, apalagi pemerintah tengah berupaya untuk menurunkan kasus Covid-19.

Kerumunan berpotensi menularkan virus Corona. Ada orang yang tidak mengalami gejala setelah tertular namun ada juga yang mengalami efek ringan sampai sedang. Menurut Dokter Spesialis Paru dari RSUP Persahabatan Erlina Burhan, dikutip dari Kompas.com, bagi orang tanpa gejala (OTG) atau yang bergejala ringan bisa melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Untuk menunjang proses pemulihan dan meminimalisir penularan virus, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun meluncurkan layanan telemedicine. 

Selain itu, agar isoman berjalan efektif, peran keluarga sangat besar dalam mempercepat pemulihan khususnya bagi pasien. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merawat pasien Covid-19 di rumah.

Pertama, memenuhi kebutuhan dasar. Keluarga di rumah dapat membantu mengingatkan dan menyiapkan obat berdasarkan instruksi dokter. Lalu, pastikan pasien banyak minum air putih dan istirahat. Bantu penuhi kebutuhan dasar seperti belanja bahan makan dan barang-barang penting lainnya secara online.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...