Cara Aman Merawat Pasien Covid-19 di Rumah

Pasien Covid-19 yang melakukan isolasi mandiri dan keluarga yang merawatnya perlu memperhatikan beberapa hal agar aman dan efektif di rumah.
Image title
8 September 2021, 08:30
Cara Aman Merawat Pasien Covid-19 di Rumah
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/rwa.
Paket bahan pokok diletakkan di pagar rumah warga yang menjalani isolasi mandiri di Jalan As-Syafiiyah, Cipayung, Jakarta, Jumat (21/5/2021).

Pandemi Covid-19 masih berlangsung namun fenomena kerumunan mulai meningkat lagi di berbagai tempat. Terbaru, terjadi pelanggaran aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang terjadi di tempat makan Holywings Kemang, Jakarta Selatan.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjatuhkan sanksi berupa penutupan sementara selama pelaksanaan PPKM Level 3. Selain itu, menjatuhkan denda Rp50 juta. Kondisi tersebut disayangkan oleh sejumlah pihak, apalagi pemerintah tengah berupaya untuk menurunkan kasus Covid-19.

Kerumunan berpotensi menularkan virus Corona. Ada orang yang tidak mengalami gejala setelah tertular namun ada juga yang mengalami efek ringan sampai sedang. Menurut Dokter Spesialis Paru dari RSUP Persahabatan Erlina Burhan, dikutip dari Kompas.com, bagi orang tanpa gejala (OTG) atau yang bergejala ringan bisa melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Untuk menunjang proses pemulihan dan meminimalisir penularan virus, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pun meluncurkan layanan telemedicine. 

Advertisement

Selain itu, agar isoman berjalan efektif, peran keluarga sangat besar dalam mempercepat pemulihan khususnya bagi pasien. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merawat pasien Covid-19 di rumah.

Pertama, memenuhi kebutuhan dasar. Keluarga di rumah dapat membantu mengingatkan dan menyiapkan obat berdasarkan instruksi dokter. Lalu, pastikan pasien banyak minum air putih dan istirahat. Bantu penuhi kebutuhan dasar seperti belanja bahan makan dan barang-barang penting lainnya secara online.

Kedua, mengawasi kondisi pasien. Siapkanlah nomor-nomor penting yang perlu dihubungi ketika gejala memburuk seperti fasilitas kesehatan terdekat. CDC juga menyebutkan terdapat beberapa gejala yang perlu ditindaklanjuti dengan menghubungi dokter.

Adapun beberapa di antaranya adalah kesulitan bernapas, rasa sakit terus menerus di dada, kebingungan, tidak mampu bangun dari tempat tidur, hingga warna kulit atau bibir yang abu-abu atau biru. 

Ketiga, pastikan pasien mengisolasi diri dengan memiliki ruang tidur hingga kamar mandi sendiri. Usahakan untuk selalu menjaga jarak minimal 2 meter dengan satu sama lain. Jika tidak memungkinkan memiliki ruangan sendiri, pastikan ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik. Buka jendela di rumah secara berkala untuk membantu menghilangkan droplet dari udara.

Keluarga yang merawat pasien Covid-19 pun harus memperhatikan protokol kesehatan agar tidak terpapar. CDC merekomendasikan empat cara pencegahan tersebut. Pertama, membatasi kontak dengan pasien dan selalu memakai masker. Keluarga perlu memiliki ruang tidur dan kamar mandi yang terpisah dari pasien. 

Kedua, keluarga juga harus melakukan karantina mandiri dengan tidak keluar rumah dan menghindari menerima tamu. Ketiga, makan di ruangan yang berbeda dan mencuci alat makan dengan sarung tangan dan air panas. Tak hanya itu, hindari juga penggunaan peralatan pribadi bersama.

Keempat, selalu mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut ketika tangan belum dicuci. 

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait