Risiko Penularan Covid-19 Rendah, Masyarakat Tetap Perlu Waspada

Dini Hariyanti
18 Desember 2021, 06:30
Warga melintas di depan mural bertema COVID-19 di Tanah Tinggi, di Kota Tangerang, Banten, Senin (22/11/2021).
ANTARA FOTO/Fauzan/hp.
Warga melintas di depan mural bertema COVID-19 di Tanah Tinggi, di Kota Tangerang, Banten, Senin (22/11/2021).

Indonesia masuk dalam satu dari 42 negara yang berada dalam kategori risiko penularan Covid-19 level 1. Hal ini dikemukakan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) dalam rekomendasi tujuan perjalanan berdasarkan tingkat risiko Covid-19.

Di dalam rekomendasi tersebut, CDC membagi lima level risiko, yaitu level empat hingga satu dan level tidak diketahui. Indonesia masuk dalam level satu atau kategori rendah sehingga dimungkikan perjalanan luar negeri ke Tanah Air asalkan sudah vaksinasi lengkap sebelum pergi.

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, rekomendasi CDC menjadi kabar baik bagi pemerintah dan masyarakat Indonesia. Hal ini menandakan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia berada pada jalur tepat.

“Penanganan pandemi Covid-19 terus menunjukkan kemajuan yang semakin membaik,” tutur Nadia dalam keterangan tertulis beberapa waktu lalu. 

Namun meskipun berada pada kategori risiko rendah, Kemenkes mengingatkan agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M mengingat situasi pandemi begitu dinamis sehingga semua pihak tetap harus waspada. 

Selain memantau Perkembangan di lapangan, pemerintah juga mengimbangi dengan kebijakan-kebijakan yang sesuai dengan kondisi terkini. Terlebih, tutur Nadia, mobilitas dan interaksi orang saat ini semakin tinggi, disertai munculnya varian-varian baru. 

Kewaspadaan dapat diterjemahkan menjadi sejumlah upaya strategis. Pertama, memastikan protokol kesehatan selalu diterapkan meskipun sudah divaksinasi. Kedua, upaya penemuan kasus yang dilanjutkan dengan pemeriksaan jenis varian. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...