Lima Produsen Pasok Vaksin Covid-19 Indonesia

Total vaksin yang dianggarkan pemerintah mencapai 663,5 juta dosis. Rinciannya sebanyak 329,5 juta dosis firm order dan sebanyak 334 juta bersifat opsi atau tambahan.
Dwi Hadya Jayani
Oleh Dwi Hadya Jayani
6 Januari 2021, 13:05

Pemerintah memastikan ketersediaan pasokan vaksin Covid-19. Ada lima produsen yang sudah dijajaki untuk menyediakan kebutuhan vaksin di tanah air.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, total vaksin yang dianggarkan pemerintah mencapai 663,5 juta dosis. Rinciannya sebanyak 329,5 juta dosis firm order dan sebanyak 334 juta bersifat opsi atau tambahan.

Kelima produsen tersebut antara lain Sinovac, Novavax, Covax/Gavi, AstraZeneca, dan Pfizer. Vaksin-vaksin tersebut akan datang bertahap mulai dari Desember 2020 hingga Maret 2022.

Adapun total kebutuhan vaksin di Indonesia mencapai 426 juta dosis. Angka ini didapat dengan memperhitungkan target vaksinasi kepada 181,5 juta masyarakat untuk mencapai kekebalan tubuh atau herd immunity. Nantinya setiap penduduk akan disuntikkan sebanyak dua kali.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan