Perubahan Perilaku Masyarakat, Kunci Penanganan Pandemi

Arofatin Maulina Ulfa
Oleh Arofatin Maulina Ulfa - Tim Riset dan Publikasi
31 Januari 2021, 15:00
Warga melintasi mural edukasi pencegahan COVID-19 berbahasa Sunda di Pandeglang, Banten, Selasa (26/1/2021). Mural tersebut bertujuan sebagai media edukasi untuk mengingatkan warga agar menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas//foc.

Pelaksaanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih berlangsung hingga 8 Februari 2021. Tingkat kepatuhan memakai masker dan menjaga jarak di tengah masyarakat secara mingguan, mengalami kenaikan. Namun, kenaikan ini belum sebanding dengan tingkat kepatuhan rata-rata saat di awal upaya monitoring perubahan perilaku pada September dan Oktober 2020 lalu.

Hal ini dijelaskan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19  Wiku Adisasmito dalam keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Gedung BNPB yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden (21/1/2021). Ia menjelaskan hasil monitoring perubahan perilaku yang menunjukkan rata-rata kepatuhan memakai masker dan menjaga jarak tingkat nasional selama penerapan PPKM.

"Rata-rata kepatuhan protokol kesehatan minggu lalu, cenderung meningkat dibandingkan 2 Minggu sebelumnnya. Yaitu dari 50,27 persen, menjadi 62,46 persen atau naik sebesar 12,19 persen, dalam memakai masker," ungkapnya.

Untuk tingkat kepatuhan menjaga jarak, persentasenya naik dari 35,98 persen menjadi 53,09 persen atau mengalami kenaikan sebesar 17,11 persen. Dibandingkan kepatuhan di awal monitoring perubahan perilaku, persentasenya menembus angka 84,77 persen dalam memakai masker dan 69,04 dalam menjaga jarak.

Merujuk perbandingan tersebut menurut Wiku, harusnya dapat menjadi cerminan bahwa upaya dalam meningkatkan kepatuhan protokol kesehatan masih belum signifikan.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...