Pasien Covid-19 Cenderung Alami Gangguan Psikologis

Image title
Oleh Alfons Yoshio - Tim Riset dan Publikasi
21 Februari 2021, 15:16
DONOR PLASMA KONVALESEN DI BEKASI
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/wsj.

Pasien dan penyintas Covid-19 punya kecenderungan untuk mengalami distorsi atau gangguan kejiwaan. Hal ini disampaikan oleh Secretary General-Asian Federation of Psychiatric Asociations, Nova Riyanti Yusuf menanggapi dampak Covid-19 yang tidak hanya dirasakan secara fisik tapi juga secara psikis.

“Jadi memang pada pasien covid-19 itu bisa dipastikan ada distorsi psikologis yang dialami,” ujarnya membuka diskusi dalam dalam talkshow bertajuk Psychological Long Covid Syndrome: Atasi Stres Pasca Pandemi yang diselenggarakan BNPB, Rabu (17/2).

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa (PDSKJ) wilayah Jakarta ini memaparkan kalau hal tersebut terbukti dari temuan langsung di masyarakat. PDKSJ sempat melakukan swaperiksa secara random terhadap orang-orang yang telah terinfeksi maupun yang belum terinfeksi Covid-19.

"Dari 4.010 yang mengisi swab periksa tersebut, 64,8 persennya mengalami masalah psikologis dan yang menarik itu adalah ada 65 persen cemas, 62 persen depresi," kata Nova.

Sementara gangguan psikologis yang dialami para penyitas Covid-19 juga banyak ditemukan. Nova mengungkapkan, berdasarkan penelitian di China yang dilakukan terhadap 730 pasien di rumah sakit khusus penanganan Covid-19, terdapat prevalensi gejala-gejala stres pascatrauma yang berhubungan dengan Covid-19 mencapai 96,2 persen.

Penelitian lainnya di Korea Selatan menunjukkan tingginya tingkat gangguan psikologis oleh penyintas Covid-19. “Begitu dia pulang, diwawancara via telepon, 20,3 persen yang sudah pulang dari rumah sakit ternyata masih mengalami post-traumatic stress disorder (PTSD),” ucap Nova.

PTSD ini adalah gangguan psikologis jangka panjang yang dirasakan lebih dari satu bulan oleh orang yang sebenarnya sudah melalui satu tahap penyakit.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...