Kementan Bakal Luncurkan Beras Basmati Asli Indonesia

Image title
Oleh - Tim Publikasi Katadata
17 Januari 2019, 16:55
Beras Basmati
Katadata

Sukamandi - Kementerian Pertanian pertengahan Februari nanti akan merilis varietas beras Basmati asli Indonesia yang dinamai Baroma atau beras Basmati Aromatik. Basmati selama ini dikenal sebagai beras aromatik asal India yang memiliki tekstur khas dan hanya bisa dibudidayakan di dataran tinggi. Kementan melalui Balai Besar Penelitian Tanaman Padi (BB Padi) berhasil menciptakan varietas beras basmati yang dapat ditanam di dataran rendah, tanpa menghilangkan ciri khasnya. Yaitu ukuran beras lebih panjang dibandingkan beras pada umumnya. 

 

“Penemuan varietas basmati asli Indonesia ini adalah sesuatu yang spesial dan unik, serta memiliki potensi ekspor yang besar. Ini semakin membuktikan beras kita sangat layak ekspor,” ungkap Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Syukur Iwantoro saat berkunjung ke BB Padi, Sukamandi, Rabu (16/1). Produktivitas varietas basmati Indonesia mencapai 8,2 ton per hektare, lebih tinggi dibanding beras basmati India sekitar 5,6 ton per hektare.

 

Hasil pengembangan pertanian ini, bahkan sudah menarik minat para investor. “Investor sudah sangat siap untuk menanamkan modal. Timur Tengah permintaannya unlimited. Pemerintah provinsi Kalimantan Tengah juga sudah menyiapkan lahan sekitar 300.000 hektare yang bisa ditanami varietas benih unggul padi kita,” terang Syukur. 

 

 

Kepala BB Padi Priatna Sasmita menjelaskan pengembangan varietas basmati di Indonesia membutuhkan waktu sekitar 10 tahun. Saat benih dibawa langsung dari Pakistan dan diuji coba di kebun percobaan BB Padi, benih gagal dibudidayakan karena tidak adaptif dengan lahan di Indonesia. Berkat para pemulia tanaman yang ulet dan sabar, Indonesia akhirnya menghasilkan beragam varietas yang bisa ditanam di berbagai kondisi lahan, termasuk varietas basmati. 

 

 

Halaman:
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...