Mentan Amran Dorong Citarum Harum, Bantu Bibit Kopi 3 Juta Batang

Image title
Oleh - Tim Publikasi Katadata
11 Januari 2019, 14:05
Mentan
Katadata

Bandung- Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meminta penduduk di Kabupaten Bandung, Jawa Barat terus merawat Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum supaya tetap terjaga. Kelestarian dan pelestarian, kata Amran, merupakan wujud atas kecintaan manusia terhadap alam.

 

"Citarum ini dibangun agar bisa meningkatkan kesejahterakan petani, makanya di wilayah DAS Citarum tahun ini kita kasih bibit 1 juta batang bibit kopi yang diperintahkan Bapak Presiden. Tahun depan dan tahun depanya lagi akan kita tambah lagi bibitnya menjadi Total 3 juta bibit kopi," kata Amran saat bertemu petani di Kertasari, Bandung, Kamis (10/1).

 

Amran mengatakan, kesejahteraan petani merupakan cita-cita Presiden yang harus dibuktikan. Maka itu, Kementan sejak beberapa tahu lalu sudah memotong biaya anggaran mulai dari biaya perjalanan dinas, biaya potong pita dan biaya lain yang dinilai tidak perlu.

 

"Semua biaya itu kami belikan traktor, pupuk dan bibit untuk petani di Bandung dan Daerah Jawa Barat lain. Kita harus ingat bahwa kita adalah pelayan rakyat. Ada tanggungjawab yang harus dipertanggungjawabkan baik dunia maupun akhirat," katanya.

 

Menurut Amran, kekuatan negara kita sebagian besar berasal dari para petani. Hal itu bisa dilihat dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) pertanian yang terus meningkat setiap tahunya.

 

Halaman:
Editor: Arsip
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...