Kereta Cepat Jakarta Bandung Uji Dinamis, Siap Tampil di G20 Showcase

Nadya Zahira
10 November 2022, 16:20
Sarana Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).
Dok. PT KAI
Sarana Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

Kereta Cepat Jakarta Bandung atau KCJB siap ditampilkan pada G20 Showcase, yang akan digelar Rabu (16/11) pekan depan. Menjelang acara tersebut, pihak KCJB terus mempersiapkan diri, karena nanti kereta ini rencananya akan disaksikan Presiden Joko Widodo dan Presiden Cina, Xi Jinping.

“Semua persiapan berjalan dengan baik,"ujar Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China atau KCIC, Rahadian Ratry, melalui keterangan resmi, Kamis (10/11). 

Pihaknya akan melakukan rangkaian uji coba terhadap kereta cepat ini secara simultan, mulai 11 November untuk memantapkan persiapan menuju G20.

Rahadian menambahkan, saat ini seluruh rangkaian Electric Multiple Unit dan Comprehensive Inspection Train (EMU-CIT) sudah selesai dirakit ulang secara mekanis. Rangkaian ini telah melalui proses panjang, sejak dikirimkan dari Cina kemudian dibawa melalui jalur darat dari Jakarta, sehingga meski EMU dan CIT sudah bisa melaju tetap perlu menjalani serangkaian tes. 

"EMU dan CIT KCJB saat ini sudah singgah di Depo Tegalluar dalam kondisi siap uji,” jelas Rahadian. 

PERSIAPAN UJI DINAMIS KERETA CEPAT
PERSIAPAN UJI DINAMIS KERETA CEPAT (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/YU)

Di Tegalluar, instalasi sistem kelistrikan untuk stasiun dan depo pun sudah rampung. Begitu juga dengan instalasi Listrik Aliran Atas atau LAA yang akan digunakan untuk kebutuhan operasional KCJB pada G20 Showcase. Dengan begitu, kebutuhan energi untuk Uji Dinamis KCJB sudah tersedia. 

“Kebutuhan listrik alhamdulillah sudah ada baik di stasiun, depo ataupun di lintasan yang digunakan untuk Uji Dinamis nanti,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Nadya Zahira
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...