KEN Akan Gelar Kontes Pencarian Cadangan Migas

Arnold Sirait
27 Januari 2016, 18:33
Pengeboran minyak lepas pantai.
KATADATA
Pengeboran minyak lepas pantai.

KATADATA - Meski harga minyak dunia sedang anjlok, Pemerintah diminta menggenjot kegiatan eksplorasi dan penemuan cadangan minyak dan gas (migas). Hal ini merupakan salah satu rekomendasi yang dikeluarkan oleh Komite Eksplorasi Nasional (KEN) untuk Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said.

Ketua KEN Andang Bachtiar mengatakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menemukan cadangan minyak adalah pemberian insentif. KEN mengusulkan adanya sayembara untuk mencari cadangan migas. Sayembara itu bertema “Identifikasi Play Prospek Migas Pada Lahan Terbuka.” (Baca: Potensi Tambahan Cadangan Migas 5,2 Miliar Barel)

“Kami adakan sayembara untuk menemukan prospek migas di Indonesia. Sayembara ini salah satu teknis percepatan eksplorasi migas 2016,” kata dia di Gedung Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Jakarta, Selasa malam (26/1).

Sayembara ini bisa diikuti segala kalangan, bukan hanya kontraktor migas. Bagi pemenang yang berhasil menemukan cadangan migas, akan diberikan hadiah total Rp 4,5 miliar. Pemenang pertama akan mendapatkan Rp 2 miliar, kedua sebesar Rp 1,5 miliar dan ketiga Rp 1 miliar. Dana untuk hadiah tersebut nantinya berasal dari anggaran yang diusulkan KEN untuk evaluasi pratersier, biogenik atau vulkanik.

Saat ini KEN sudah mengidentifikasi adanya potensi penambahan cadangan migas nasional sebesar 5,2 milar barel setara minyak. Rinciannya 2,7 miliar barel minyak dan 1,4 triiun kaki kubik gas. Potensi cadangan migas ini berasal dari 106 struktur sumur penemuan migas (discovery) yang sudah terbukti, berdasarkan data terakhir pada awal 2015.

Menurut dia, masih ada potensi cadangan migas yang masih harus diuji lebih lanjut. Diantaranya, 120 struktur sumur migas yang sudah menjadi target eksplorasi kontraktor. Potensi cadangannya mencapai 16,6 miliar barel setara minyak. (Baca: ESDM Klaim Temukan Cadangan Migas 21,8 miliar Barel)

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian, Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...