Pemerintah Dorong Pertamina Akuisisi Blok Migas di Azerbaijan

Safrezi Fitra
8 Maret 2016, 14:26
migas
Katadata

KATADATA – Keterbatasan cadangan minyak di dalam negeri membuat pemerintah ingin Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggarap sumur minyak di luar negeri. Salah satu negara penghasil minyak yang potensial adalah Azerbaijan.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sedang mendorong PT Pertamina (Persero) untuk mengakuisisi blok-blok migas di negara kawasan perbatasan Asia Barat dan Eropa tersebut. Alasannya, cadangan minyak di negara tersebut cukup besar, lebih dari 50 juta barel.

Selain itu, "biaya untuk produksi di Azerbaijan tidak terlalu tinggi," ujar Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM I.G.N. Wiratmaja Puja di Gedung DPD Jakarta, Senin (8/3). Namun, dia tidak  menjelaskan dengan rinci berapa biaya produksi minyak di negara tersebut. (Baca: Pertamina Bidik Produksi Minyak di Aljazair Naik 45 Persen Pada 2019)

Rencananya pemerintah akan mendorong Pertamina untuk masuk ke blok yang sudah berproduksi dan berstatus belum berproduksi (greenfield). Bisa saja seperti yang dilakukan perusahaan minyak negara (NOC) Malaysia, Petronas sebelumnya. Petronas masuk ke blok migas yang sudah berproduksi dan bekerjasama dengan NOC Azerbaijan. Kepemilikannya tidak perlu sampai 100 persen.

Total produksi minyak Azerbaijan sekitar 800 ribu barel per hari. Produksinya memang tidak jauh berbeda dengan Indonesia, tapi jumlah penduduknya jauh lebih sedikit. Ini terlihat konsumsi minyak dalam negerinya yang masih sedikit, hanya 200 ribu barel per hari. Kelebihan produksi dijual ke luar negeri sebanyak 600 ribu barel per hari.

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...