Bendungan Pertama Jokowi Dipercepat Selesai 2017

Ameidyo Daud Nasution
22 Juli 2016, 19:05
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono
Arief Kamaludin | Katadata

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyatakan pembangunan bendungan pertama yang dicanangkan Presiden Joko Widodo, Bendungan Rakmano, akan dipercepat. Semula, bendungan yang berlokasi di Nusa Tenggara Timur ini ditargetkan selesai pada 2019. Pemerintah kemudian menyatakan pembangunannya bisa diselesaikan tahun depan.

“Karena tanah beres dan geologi tidak masalah, jadi bisa dikerjakan lebih cepat,” kata Menteri Pekerjaan Umum Basuki Hadimuljono di kantornya, Jumat, 22 Juli 2016.

Selain itu, Basuki melanjutkan, dana untuk pembangunan Bendungan Rakmano sudah mencukupi. Pembangunan infrastruktur ini memerlukan investasi Rp 782 miliar, yang diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). (Baca: PUPR Siapkan Proyek Infrastruktur untuk Tampung Dana Repatriasi).

Prose pembangunan yang dikerjakan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) konstruksi PT Waskita Karya (Persero) Tbk. tersebut sudah mencapai 51 persen dari target 16 persen.

Lebih lanjut Basuki menuturkan bendungan lainnya yaitu Bendungan Kuwil di Sulawesi Utara telah melewati tahap penandatanganan kontrak. Sementara itu lelang untuk Bendungan Leuwikeris di Jawa Barat akan dilaksanakan pada Agustus mendatang.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...