Perpres Keluar, Waktu Bongkar Muat di Priok Cuma 2,5 Hari

Ameidyo Daud Nasution
21 September 2016, 13:17
Joko Widodo
Arief Kamaludin|KATADATA
Presiden Joko Widodo didampingi Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan dan Dirut Pelindo II Elvyn G. Masassya meninjau pengoperasioan Terminal Petikemas Kalibaru Pelabuhan Utama Tanjung Priok di Jakarta, Selasa (13/9).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan akan terbit Peraturan Presiden (Perpres) terkait percepatan waktu tunggu bongkar muat barang di pelabuhan atau dwelling time. Perpres ini akan menjadi pegangan empat pelabuhan, yakni Tanjung Priok, Belawan, Tanjung Perak, dan Makassar.

Budi menjelaskan, dwelling time untuk Tanjung Priok ditargetkan turun ke level 2,5 hari. Sedangkan tiga pelabuhan lainnya dipatok untuk menurunkan waktu bongkar muat paling lama 3,5 hari dengan berbagai cara dan efisiensi.

“Akan keluar kurang dari sebulan, tapi setelah dua minggu,” kata Budi saat di kantornya, Jakarta, Rabu, 21 September 2016. (Baca: Menhub Usulkan Keputusan Presiden Percepat Waktu Bongkar Muat).

Menurutnya, tiga pelabuhan lain tidak ditargetkan mengurangi dwelling time menjadi 2,5 hari, seperti Pelabuhan Tanjung Priok, karena masih harus melakukan pembenahan secara menyeluruh. “Banyak improvement yang harus mereka lakukan,” ujarnya. Sehingga, pemerintah memberikan kesempatan lebih longgar.

Sebagai bagian dari Perpres tersebut, Budi meminta konsep pelayanan satu atap atau National Single Window (NSW) segera dimatangkan pada Jumat mendatang. Langkah tersebut merupakan pembenahan pada sisi pre-clearance. (Baca juga: Jokowi Targetkan Terminal Kalibaru Pelabuhan Priok Rampung 2019).

Dari sisi clearance, dia telah mendapatkan komitmen dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk lebih mempercepat pemeriksaan fisik. Sebab, apabila masih ada kementerian atau lembaga yang tidak meloloskan satu barang, Bea dan Cukai pun tidak dapat mengizinkan barang tersebut keluar pelabuhan.

“Makanya kami evaluasi. Kami lihat apakah barang tersebut tidak dapat dikeluarkan atau memang ada kesengajaan,” kata Budi. (Lihat pula: Jokowi Minta Waktu Bongkar Muat di Pelabuhan Turun Lagi Jadi 2 Hari).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...