Pertamina Siap Turunkan Harga Gas Awal 2017

Anggita Rezki Amelia
25 Oktober 2016, 19:00
pipa gas Pertamina
Arief Kamaludin|KATADATA

PT Pertamina (Persero) menyatakan telah siap untuk menurunkan harga jual gas bumi untuk industri dalam negeri, awal tahun depan. Saat ini sudah ada beberapa kontrak jual beli gas yang bisa diturunkan harganya sesuai dengan mandat Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebesar US$ 6 per juta british thermal unit (mmbtu).

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan ada beberapa kontrak jual beli gas yang berpotensi menurun. "Sudah kami laporkan ke pemerintah. Silakan eksekusinya di pemerintah," kata dia dalam media brifing dengan Media di Jakarta, Selasa (25/10).

(Baca: Harga Gas Jadi US$ 3,82, Penerimaan Negara Tergerus)

Wianda tidak menjelaskan secara detail kontrak mana saja yang akan diturunkan harganya. Dia hanya menyebut salah satunya adalah  kontrak anak usaha Pertamina, yakni PT Pertamina Hulu Energi NSB-NSO dengan PT Pupuk Iskandar Muda di Aceh.

Pertamina Hulu Energi NSB-NSO ini merupakan operator dari Blok  B dan Blok NSO di Aceh yang dekat dengan pabrik Pupuk Iskandar Muda. Dalam kontrak jual beli gas tersebut, Pertamina menjual gasnya kepada Pupuk Iskandar Muda seharga US$ 6,48 per mmbtu. Nantinya harga ini akan turun menjadi US$ 6 per mmbtu. 

Selain itu, ada juga kontrak jual beli gas antara PT Pertamina EP dengan perusahaan Baja PT Krakatau Steel (Persero) Tbk. dan industri pupuk yakni PT Pupuk Sriwijaya. Wianda mengatakan harga gas yang dijual ke Krakatau Steel bisa turun dari US$ 6,9 per mmbtu menjadi US$ 6 per mmbtu.

(Baca: Berpacu Mengurai Ruwetnya Masalah Harga Gas)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...