Jokowi: Harga Gas Industri Harus Turun Akhir Tahun

Ameidyo Daud Nasution
24 November 2016, 19:52
Pipa gas
Arief Kamaludin|KATADATA

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan harga gas untuk industri harus segera turun, paling lambat akhir tahun ini. Dengan harga yang relatif murah maka industri bisa mengurangi beban layaknya industri yang sama di negara tetangga.

Dia mengaku heran dengan harga gas industri di negara lain yang bisa mencapai US$ 5 atau US$ 6 per british thermal unit (mmbtu). Adapun harga gas industri di Indonesia secara rata-rata masih mencapai US$ 9,5 per mmbtu.

(Baca: Pertamina Siap Turunkan Harga Gas Awal 2017)

Harga gas untuk industri di dalam negeri berbeda-beda di setiap wilayah. Ada yang bisa mencapai US$ 6 per mmbtu, tapi ada yang masih di atas harga tersebut. Jokowi pun memerintahkan jajaran kabinetnya bahwa akhir tahun ini harga gas industri harus sama di seluruh Indonesia.

"Saya sudah diberi angka oleh Menteri Koordinator (Bidang Perekonomian) dan Menteri lainnya. Yang penting harus terjadi pada akhir tahun ini," kata Jokowi saat acara CEO Forum di Jakarta Convention Center, Kamis (24/11).

Penurunan harga gas untuk industri sebenarnya masuk dalam paket kebijakan ekonomi III yang diterbitkan tahun lalu. Namun, hingga saat ini belum bisa berjalan. Jokowi pernah memberikan target harga gas harus sudah turun pada awal tahun depan.

(Baca: Jokowi Perintahkan Harga Gas Industri US$ 5 Mulai Akhir November)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...