Asing Keluar, Investor Lokal Dukung IHSG Cetak Rekor Baru Lagi

Miftah Ardhian
4 Oktober 2017, 12:48
Bursa saham
Katadata | Arief Kamaludin

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali mencetak rekor tertingginya pada penutupan perdagangan Selasa (3/10). Kemarin, IHSG berhasil menyentuh level 5.939 atau melesat 25,4 poin, walaupun investor asing terus melakukan aksi jual (nett sell).

Kepala analis PT Asjaya Indosurya Securities William Suryawijaya menjelaskan, kenaikan IHSG yang mencapai rekor terbarunya menunjukan bahwa imbal hasil dari indeks saham Indonesia masih cukup menjanjikan. Sementara investor asing mencatatkan nett sell sebesar Rp 238,4 miliar kemarin, tetapi investor lokal tetap menunjukkan optimisme.

Alhasil, IHSG tetap berhasil mengalami kenaikan. "Ini lebih ke masalah keyakinan. Kan investor lokal lebih tahu dan mengerti keadaan negara," ujar William saat dihubungi Katadata, Jakarta, Rabu (4/10). 

William mengatakan, kondisi ini harusnya terus dipertahankan. Pemerintah dan berbagai pihak lainnya pun harus bisa lebih mensosialisasikan bahwa keadaan ekonomi Indonesia dalam situasi yang cukup baik. Selain itu, kondisi sosial dan politik pun harus tetap dijaga, sehingga investor asing akan ikut yakin dan kembali masuk ke pasar saham domestik.

Adapun, menurut data Indosurya kemarin, sektor yang mengalami kenaikan tertinggi adalah pertambangan yang naik 1,50%. Disusul oleh, sektor aneka industri yang naik 0,81% dan perdagangan yang naik 0,66%.

Halaman:
Reporter: Miftah Ardhian
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...