6 Tol Dalam Kota Baru di Jakarta Ditargetkan Beroperasi Juli 2022

Ameidyo Daud Nasution
19 Februari 2018, 17:18
jalan tol
Arief Kamaludin|KATADATA

Pemerintah tengah membangun enam ruas jalan tol baru di DKI Jakarta.  Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan enam ruas tol dalam kota akan rampung sepenuhnya pada Juli tahun 2022 mendatang. 

Enam tol yang sedang dan akan dibangun adalah Semanan-Sunter, Sunter-Pulo Gebang, Duri Pulo-Kampung Melayu, Kemayoran-Kampung Melayu, Ulujami-Tanah Abang, serta Pasar Minggu-Casablanca. Total panjang enam tol ini mencapai 69,6 kilometer.

"Jadwal operasi Tahap III pada bulan Juli 2022," demikian keterangan data Monitoring Pengusahaan Jalan Tol Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) yang dikutip Katadata Senin (19/2).

6 tol dalam kota

Sebenarnya tol tahap I yakni Semanan-Sunter dijadwalkan dapat beroperasi pada bulan Juli tahun ini. Begitu pula ruas tahap I lainnya yakni tol Sunter-Pulogebang dapat beroperasi pada Januari 2019 mendatang. Akan tetapi dari data tersebut, pelaksanaan tol Sunter-Pulogebang baru berjalan di titik Kelapa Gading-Pulogebang dengan realisasi saat ini baru 17 persen.

"Untuk progres tanah Sunter-Pulogebang yang jadi kewajiban pemerintah mencapai 0,69 persen," demikian keterangan data tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...