PDIP Percaya JK dan PKB Tak Beralih Dukungan Bila Gagal Jadi Cawapres

Dimas Jarot Bayu
3 Agustus 2018, 21:17
Pertemuan Sekjen Parpol Koalisi dengan Presiden Jokowi
(Agus Suparto/Istana Negara)
Pertemuan Sekjen Parpol Koalisi dengan Presiden Jokowi, Selasa (31/7/2018) di Istana Bogor.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto meyakini Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK)  akan tetap mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilpres 2019. Menurut Hasto, JK tak akan mengalihkan dukungannya ke kubu oposisi jika Mahkamah Konstitusi (MK) nantinya menolak gugatan uji materi terkait masa jabatan cawapres.

Hasto menyatakan JK memiliki sikap negarawan sehingga tak akan mengalihkan dukungan dari Jokowi. Lebih lanjut, Hasto menilai Jokowi dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memiliki hubungan emosional yang kuat dengan JK.

"Kami percaya karena kami bergandengan tangan dengan baik, bukan karena kepentingan kekuasaan tapi karena memang pertimbangan bangsa dan negara," kata Hasto di Jakarta, Jumat (3/8).

(Baca juga: PDIP: JK Calon Kuat Dampingi Jokowi Bila MK Kabulkan Gugatan UU Pemilu)

Menanggapi aktititas JK yang kerap berkomunikasi dengan kubu Prabowo, Hasto menyatakan sebagai hal yang wajar. Hasto mengatakan, JK merupakan komunikator yang baik untuk mengatasi berbagai persoalan bangsa.

Hasto pun menilai JK masih dibutuhkan dalam koalisi pendukung Jokowi. Menurutnya, JK memiliki pengalaman yang cukup luas karena telah menjabat wapres dua kali.

Masukan dari JK, kata dia, akan didengar oleh Jokowi dan semua Ketua Umum partai koalisi pendukung. "Intinya peran Pak JK sangat diperlukan, tapi peran yang seperti apa itu nanti kami akan lihat," kata Hasto.

Halaman:
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...