Aset LMAN Rp 29,10 Triliun, Didominasi Dua Kilang LNG

Michael Reily
10 Desember 2018, 11:38
Perta Arun Gas
ANTARA FOTO/Rahmad
Pekerja PT Perta Arun Gas melakukan pengawasan rutin pada fasilitas pelabuhan khusus Liquefied Natural Gas (LNG) Blang Lancang, Lhokseumawe, Aceh, Rabu (20/7). Fasilitas pabrik yang dibangun sejak 1978 itu merupakan aset ex PT Arun NGL seluas 700 haktar yang kini direvitalisasi ke LNG Receiving Hub dan Regastification Terminal atau Terminal Penampungan dan Regasifikasi Arun yang dikelola PT Pertamina Gas (Pertagas) melalui PT Perta Arun Gas sejak 2014.

Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) total aset yang dikelola hingga September 2018 mencapai Rp 29,10 triliun. Aset masih didominasi dua kilang Liquefied Natural Gas (LNG) senilai Rp 28,81 triliun, selebihnya 18 unit properti Rp 200,85 miliar dan 106 unit apartemen Rp 95,26 miliar.

Direktur Utama LMAN Rahayu Puspasari menyatakan, pengelolaan kilang LNG Arun dan Bontang bertujuan untuk mendukung ketahanan energi. "Selain itu, memberikan manfaat sosial untuk wilayah sekitar," kata Rahayu di Bali, akhir pekan lalu.

Menurut dia, kilang LNG Bontang memiliki efek berantai (multiplier effect) sebesar 3,07 kali terhadap pendapatan masyarakat di daerah tersebut. Sementara itu, kilang LNG Arun dapat menghidupkan industri di wilayah Aceh dan Sumatera Utara.

(Baca juga: Serapan Gas Dalam Negeri Terkendala Infrastruktur)

Secara keseluruhan, ia menyebutkan, pengelolaan aset oleh LMAN mampu menciptakan keuntungan ekonomi untuk pembangunan sosial senilai Rp 428,01 miliar. Angka tersebut dengan memperhitungkan pembangunan rumah sakit, rumah ibadah, sekolah, kantor, dan sarana sosial lain.

Di sisi lain, dia menjelaskan, pengelolaan aset oleh LMAN membuat terjadinya penghematan biaya karena kepemilikan aset baru tak melalui belanja modal.

Halaman:
Reporter: Michael Reily
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...