Samindo Bersiap Ikut Lelang Pembangkit Listrik Tenaga Surya di Bali

Image title
9 Mei 2019, 10:45
Samindo bersiap ikut lelang pembangkit listrik tenaga surya atau PLTS Bali
Katadata | Azaria A.Laras
Ilustrasi PLTS

Perusahaan jasa pertambangan Samindo Resources tengah membidik proyek pembangkit listrik yang akan dilelang Perusahaan Listrik Negara (PLN). Perusahaan akan mengikuti lelang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Bali Barat dan Bali Timur berkapasitas 50 Megawatt (MW).

Investor Relation Samindo Resources Ahmad Zaki Natsir menjelaskan pihaknya telah mengambil dokumen lelang, namun ternyata ada perubahan. "Jadi masih menunggu," kata dia kepada katadata.co.id, Rabu (8/5).

Sebelumnya, Samindo menyatakan akan mengikuti tender untuk pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) mulut tambang. Pihaknya telah menyiapkan dana US$ 25 juta atau sekitar Rp 347,4 miliar untuk mendukung rencananya tersebut. Namun, PLN belum juga membuka lelang hingga saat ini.

(Baca: Harga Batu Bara Turun, Jasa Pertambangan Sulit Dapat Kontrak Baru)

Zaki menyatakan perusahaan tengah mencoba semua peluang yang terbuka untuk mendiversifikasikan usaha, sehingga tidak hanya bergantung pada sektor jasa pertambangan batu bara. “Saat ini untuk PLTS yang sedang ada pembukaan tender," kata dia.

Selain PLTS Bali Barat dan Bali Timur, PLN berencana melelang Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Kalimantan, dengan kapasitas 50-70 MW, tahun ini. Lelang tiga pembangkit energi terbarukan ini merupakan lelang ulang.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...