Anak Buah Sri Mulyani Ikut Seleksi BPK, Janji "Bebersih" Auditor Korup

Dimas Jarot Bayu
5 September 2019, 20:12
seleksi BPK, BPK, sri mulyani
ARIEF KAMALUDIN | KATADATA

Proses pemilihan Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tengah berlangsung di parlemen. Sebanyak 32 calon dijadwalkan mengikuti uji kelaikan dan kepatutan di Komisi XI DPR pada 2-5 September 2019 ini. Salah satu di antaranya anak buah Sri Mulyani, Auditor Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan Indra Utama.

Indra mengatakan bila dirinya terpilih sebagai Anggota BPK, ia bakal fokus meningkatkan integritas auditor. Ini dinilai penting mengingat banyaknya auditor BPK yang ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam beberapa tahun terakhir. Kondisi ini dinilainya menunjukkan lemahnya integritas auditor.

"Bagaimanapun kapasitas sumber daya manusia, canggihnya teknologi, dan dukungan yang diberikan pimpinan BPK, namun apabila mental auditor BPK masih lemah, maka tidak ada gunanya," kata dia ketika menjalani uji kelaikan dan kepatutan di Komisi XI, DPR, Kamis (5/9).

(Baca: Ikut Uji Kelaikan, Mantan Dirut BEI Ingin BPKP Dilebur dengan BPK)

Peningkatan integritas, menurut dia, bisa dilakukan di antaranya dengan memberdayakan manajemen kelembagaan dalam mencegah dan menangani tindak korupsi oleh auditor. "Penindakan langsung, melakukan proses secara hukum terhadap mereka yang tidak melakukan hal sesuai ketentuan," kata dia.

Langkah lainnya, peningkatan sinergi dengan berbagai lembaga dan kementerian di luar BPK. Bahkan, dengan masyarakat. "Masyarakat akan berperan sesuai aturan perundang-undangan," ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...