Kasus Suap Wali Kota Medan, KPK Periksa Anak Menkumham Yasonna Laoly

Ameidyo Daud Nasution
18 November 2019, 14:41
anak Yasonna Laoly, Suap Walikota Medan, KPK
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Petugas KPK menunjukkan barang bukti operasi tangkap tangan ( OTT) Wali Kota Medan saat konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (16/10/2019). KPK hari Senin (18/11) memanggil putra Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang bernama Yamitema Tirtajaya Laoly sebagai saksi kasus suap wali kota Medan.

Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK memanggil putra Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang bernama Yamitema Tirtajaya Laoly hari Senin (18/11). Yamitema diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Medan Isa Ansyari.

Isa terseret sebagai tersangka bersama Wali Kota Medan Dzulmi Eldin dalam kasus dugaan  suap pada bulan lalu. KPK menduga Dzulmi mengumpulkan uang dari sejumlah Dinas untuk pelesiran sang wali kota ke Jepang bersama keluarganya.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan pemeriksaan Yamitema merupakan penjadwalan ulang agenda sebelumnya. Sebelumnya Direktur PT Kani Jaya Sentosa itu telah dipanggil hari Senin (11/11) pekan lalu namun urung datang.

“Yang bersangkutan telah datang pukul 10.00 WIB,” kata Febri di Jakarta, Senin (18/11).

(Baca: Diciduk KPK, Wali Kota Medan Pernah Ajak Keluarga Dinas ke Jepang )

Selain menggelar pemeriksaan di Jakarta, komisi antirasuah juga memeriksa 14 saksi di Kota Medan. Mereka adalah Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Medan Muhammad Husni, Asisten Administrasi Umum Sekda Medan Renward Parapat, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Medan Zulkarnain, serta Direktur RSUD Dr Pringadi Medan Suryadi Panjaitan.

Selain itu ada mantan Kepala Dinas Pendidikan Medan Hasan Basri, Kepala Badan Lingkungan Hidup Medan Bob Harmansyah Lubis, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Medan Emilia Lubis, Kadis Pertanian dan Perikanan Medan Ikhsar Marbun, serta Kadis Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang Medan Benny Iskandar.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...