Pertamina Siapkan Dana untuk Pengeboran 20 Sumur Blok Rokan pada 2020

Image title
26 Desember 2019, 17:31
Pertamina telah mengalokasikan dana untuk investasi berupa pengeboran 20 sumur di Blok Rokan pada 2020
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi, gedung Pertamina di kawasan Jakarta Pusat.

Pertamina telah mengalokasikan dana untuk investasi berupa pengeboran 20 sumur di Blok Rokan tahun depan. Besaran dananya masih dikaji lebih lanjut oleh perusahaan.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, perusahaannya tengah berkoordinasi dengan Chevron Pacific Indonesia (CPI) terkait transisi Blok Rokan. Pembahasannya mengenai segala aspek, mulai dari teknis hingga non-teknis.

Karena itu, ia enggan menyebutkan nilai investasinya. “Investasi pasti sudah disiapkan. Nilainya belum dapat kami detailkan," ujar Fajriyah kepada Katadata.co.id, Kamis (26/12).

Deputi Operasi Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Julius Wiratno mengatakan, diskusi antara Pertamina dan Chevron di Blok Rokan terkait transisi Blok Rokan masih berlangsung. Karena itu, Rencana Kerja dan Anggaran (WP&B) Pertamina untuk 2020 akan direvisi, ketika sudah mulai berkegiatan di Blok Rokan.

"Mungkin akan menjadi bagian dari revisi WP&B 2020, karena Business to Business (BtoB) antara Pertamina Hulu Rokan dan CPI belum selesai,” kata Julius. Ia berharap, pembicaraan terkait transisi blok migas tersebut selesai dalam waktu dekat.

(Baca: Menteri ESDM Minta Pertamina Mengebor Minimal 20 Sumur di Blok Rokan)

Secara hukum, Pertamina baru dapat masuk di Blok Rokan setelah kontrak Chevron berakhir pada Agustus 2021. Namun, kabarnya Chevron enggan berinvestasi di blok tersebut jelang berakhirnya masa kontrak.

Karena itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mendorong Pertamina mengebor Blok Rokan mulai tahun depan. Hal ini bertujuan agar produksi di blok migas itu tidak turun.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...