Sokong Ibu Kota Baru, PLN Siap Tambahkan 864 MW di Rencana Kelistrikan

Image title
18 Januari 2020, 00:05
Ibu Kota Baru, Listrik, Pembangkit Listrik, PLN
Arief Kamaludin|KATADATA
PLN

Perusahaan Listrik Negara (PLN) siap merevisi Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2019-2028. Ini menyusul rencana pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur (Kaltim). Kebutuhan listrik di provinsi tersebut diperkirakan mencapai 1.555 mega watt (MW).  

Berdasarkan RUPTL 2019-2028, tambahan kapasitas listrik di Kaltim hanya sebesar 691 MW hingga 2024. Dengan demikian, diperlukan percepatan pengembangan infrastruktur kelistrikan, dan tambahan perencanaan kapasitas sekitar 864 MW untuk memenuhi kebutuhan 1.555 MW.

Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasojo mengatakan pihaknya akan berusaha menyiapkan sistem kelistrikan terbaik yang ramah lingkungan di ibu kota baru. "Kalau bisa 100% energi terbarukan, ini akan menggunakan sistem terbaik, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo," kata dia di Kantor Kementerian BUMN, Jumat (17/1).

(Baca: 3 Tokoh Dunia Jadi Dewan Pengarah Ibu Kota Baru, Ini Imbalannya)

Ia menjelaskan, infrastruktur kelistrikan juga disiapkan untuk menyokong rencana pengembangan kendaraan listrik di ibu kota baru. Pengembangan kendaraan listrik ini diharapkan dapat membantu dalam mengurangi impor Bahan Bakar Minyak (BBM).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...