Harga Bahan Pangan Stabil, BI Estimasi Inflasi Februari Capai 0,31%

Agatha Olivia Victoria
28 Februari 2020, 16:44
Harga Bahan Makanan Stabil, BI Estimasi Inflasi Februari Capai 0,31%.
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Ilustrasi warga belanja di pasar. Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi pada Februari 2020 akan mencapai 0,31% secara bulanan.

Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi pada Februari 2020 akan mencapai 0,31% secara bulanan. Angka tersebut lebih rendah dari realisasi inflasi Januari 2020 akibat harga bahan pangan yang stabil.

"Sehingga secara tahunan sebesar 3,02%," kata Gubernur BI Perry Warjiyo saat ditemui di Kompleks BI, Jakarta, Jumat (28/2).

Penyumbang inflasi bulan ini masih didominasi oleh komoditas bahan pangan, seperti bawang putih dengan inflasi 0,1%, cabai merah 0,07%, dan beras 0,02%.

(Baca: Inflasi Januari Tinggi di Perdesaan, Upah Rill Buruh Tani Turun 0,29%)

Sementara untuk penyumbang deflasi menurutnya bakal datang dari penurunan harga tiket angkutan udara dan bawang merah dengaan kontribusi masing-masing 0,01%. 

Perry menyatakan, inflasi pada bulan ini bisa terjaga seiring dengan koordinasi pemerintah dan BI dalam pengendalian harga. Jika harga-harga tetap terkendali, diharapkan sampai akhir tahun target infasi bisa sesuai sasaran yakni 3% plus minus 1%.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...